MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Fakta Menarik Kayu Oak, Ternyata ini Jenis dan Kualitas Tersembunyi.

Tertarik menggunakan Kayu oak? yuk ketahui fakta-fakta menariknya..

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Fakta Menarik Kayu Oak, Ternyata ini Jenis dan Kualitas Tersembunyi.

Senin, 07 November 2022

Kayu Oak -  Memiliki manfaat yang beragam, material kayu terbagi menjadi beberapa jenis. Yakni Jenis kayu keras dan Kayu lunak, dimana setiap jenis memiliki Kegunaan dan Jenis Kayu yang berbeda.

Jika kamu mencari kayu keras, dengan warna terang, kualitas stabil, dan memiliki banyak kelebihan, makan Kayu oak bisa menjadi pilihan terbaikmu. 

Keunggulan Kayu Oak

Berasal dari pohon oak yang tumbuh didaerah dingin seperti Amerika, afrika hingga asia. Kayu oak, sendiri dimanfaatkan untuk beberapa kebutuhan material, seperti kontruksi, furniture, hingga perabotan rumah.

Hal ini dikarenakan, kayu oak memiliki beragam kualitas, dari segi tampilan, tingkat kuat, keawetan, hingga ketahanan cuaca, sehingga memiliki harga yang relatif lebih tinggi. 

Fakta Menarik Kayu Oak

Jika tertarik untuk mengenal kayu oak, dari beragam aspeknya. Yuk, ketahui fakta-fakta menariknya berikut : 

Memiliki Banyak Jenis

Salah Satu fakta menarik dari Kayu Oak, yakni kualitas kayunya tergantung dari jenis yang kamu pilih, sebab kayu oak terbagi menjadi beberapa jenis dengan ciri yang berbeda, seperti :

1. Jenis Kayu Oak Putih 

Kayu Oak

memiliki nama Latin querbus alba, jenis oak putih satu ini memiliki tampilan kayu berwarna cokelat muda, dengan warna kehijauan. Serat kayunya yang lurus, dan tekstur yang halus menjadi daya tarik tersendiri. 

Apalagi, kayu oak putih memiliki ketahanan yang bagus, dari Rayap dan Jamur. Sehingga penggunaan kayu oak, kerap dimanfaatkan untuk kebutuhan furniture. 


Namun perubahan warna dari kayu oak putih bisa disebab, dengan adanya sentuhan antar material, seperti besi atau besi yang berkarat. 

Dengan Kualtias tersebut, Jenis Kayu Oak Putih memiliki harga yang sedikit lebih mahal. Namun, jenis kayu oak inilah yang paling banyak tersedia di Indonesia, sehingga kamu akan mudah mendapatkannya.

2. Jenis Kayu Oak Merah

Kayu Oak Merah

Memiliki Nama biologis Red Oak atau Quercus Rubra, dimana Kayu Oak merah ini banyak ditemukan di Amerika Utra hingga Tenggara kanada. 

Perawakan Pohon ini terbilang cukup besar, hingga mencapai 25-35 meter pada tingginya dan 1-2 meter pada diamater batangnya. 

Warna kayu oak merahpun sedikit lebih coklat kemerahan, dengan gubal kayunya berwarna putih, terlebih serat kayunya yang lurus dan tekstur kayu yang agak kasar membuat jenis oak ini sedikit sulit di kelola. 

Bahkan, jika dibandingkan dengan oak putih, maka tingkat keawetan kayu oak merah ini sangat rendah, apalagi dari aspek ketahanan terhadap rayap, hal inilah yang membuat kayu oak putih lebih awet ketimbang oak merah. 

Memiliki Pori Pori Besar

Fakta lainnya dari kayu oak yang menjadi kelebihannya yakni, adanya pori besar pada kayunya, sehingga akan lebih mudah kering jika terkena air ataupun cipratan. 

Pori-pori besar inipun menjadi keuntungan jika digunakan, sebab kayu oak akan lebih kuat bertahan disegala cuaca.

Kayu Mudah Bengkok

Walaupun memiliki pori-pori yang besar dan tahan terhadap cauca hujan, namun fakta menariknya kayu oak akan mudah membengkok ketika berlama-lama dijemur area yang panas.

Sehingga, kami sarankan untuk tidak menggunakan kayu oak diarea yang terkena matahari secara langsung atau untuk kebutuh interior saja.

Bahan Furniture Terbaik 

Bahan Furniture Kayu oak

Fakta menarik dari kayu oak yakni, pemanfaaatannya yang beragam. beberapa produk olahan yang memanfaatkan kayu oak putih merah yang bisa kamu miliki, antara lain : 
  • Kabinate : Kabinate rumah diciptakan untuk tempat menyimpan pakaian, ataupun benda apapun. Dengan menggunakan Kayu oak, maka tampilan dan kualitas akan lebih sempurna."

  • Furniture Indoor : Beberapa manfaat kayu oak untuk penggunaannya sebagai bahan furniture indoor, berikut beberapa furniture yang cocok dengan kayu oak, seperti Tempat tidur, meja TV, meja tamu dan lainnya. 

  • Kusen Jendal & Pintu : Jika dilihat dari kualitas kuatnya, kayu oak bisa kamu gunakan sebagai kusen jendela dan pintu rumah, kusen dan pintu yang terbuat dari kayu oak akan lebih tahan lama dibanding kayu lainnya.

    Baca Juga
    ( Promo ) Harga Lantai Kayu Solid Bergaransi Se-Indonesia 2022

  • Lantai Kayu : Tak hanya itu, kayu oakpun bisa menjadi pilihan terbaik yang bisa kamu pilih, untuk dijadikan material lantai kayu dengan hasil warna yang cerah dan natural.
Jadi, Tertarik menggunakan Kayu oak? 

BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang