MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Apa itu Plywood? bagaimana karakteristik dan Jenisnya? Ketahui Informasi paling Lengkap

Penasaran dengan Kualitas Plywood dan jenis terbaiknya? Yuk Ketahui informasi l…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Apa itu Plywood? bagaimana karakteristik dan Jenisnya? Ketahui Informasi paling Lengkap

Rabu, 30 November 2022

apa itu plywood

Apa itu Plywood - Tersedia diberbagai toko bangunan, plywood menjadi material yang kerap diunggulkan pada beberapa kebutuhan. Plywood sendiri merupakan produk kayu olahan. 

Di olah dari beberapa lapisan kayu atau venner yang direkatkan dengan tekanan tinggi sehingga menghasilkan papan pabrikan yang kokoh, kuat dan tahan retak.

Material plywood kerap dikenal dengan tripleks atau multipleks, dimana secara umum material ini kerap dimanfaatkan untuk penutup atau rangkaian dari sebuah dinding dan mebeul. 

Tak hanya itu, plywoodpun tersedia dalam berbagai jenis dan bahan kayu yang beragam, untuk itu jika ingin mengenal material plywood lebih dalam, yuk ketahui penjelasannya berikut :

Karakteristik Plywood

Dikenal dengan Multiplek atau Triplek, plywood sendiri merupakan material bangunan yang memiliki harga yang cukup murah dengan fungsi yang beragam. 

Terbuat dari gabungan lapisan serat kayu dan kulit kayu yang disusun, membuat plywood memiliki karakter yang kuat, sehingga menjadi material papan yang sulit ditekut. 


Plywood sendiri tersedia dengan berbagai ukuran, dari 120 cm x 240 cm, dengan ketebalan antara 6 mm, 9 mm 12 mm 18 mm dan 24mm, dimana ketebalan ini bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan. 

Bahkan, karakteristik plywood lainnya yakni memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap berbagai cuaca, fungsi yang fleksibelpun menjadi karakteristik tersendiri bagi penggunaannya.

Jenis - Jenis Plywood 

apa itu plywood

Tidak hanya ukurannya saja yang bervariasi, kamupun bisa memilih jenis plywood sesuai dengan kebutuhannya, kira-kira jenis plywood apa saja ya? Berikut uraianya : 

1. Plywood Biasa atau Standar

Jenis Plywood pertama yakni Jenis Standar, dimana jenis ini tidak memiliki lapisan khusus pada permukaannya, penggunaannya kerap dimanfaatkan untuk bahan furniture. 

Kamu bisa memilih beberapa macam plywood standar, seperti Grade lokal, grade UTY, Better BB hingga overlay, sebagai tips singkat, untuk lebih mengawetkan plywood standar dan agar tahan air. 
 
kamu bisa menambahkan lapisan HPL pada permukannya, maka plywood ini semakin kuat dan tahan air.

2. Film Face Plywood

Jenis Film face plywood merupakan jenis plywood yang menggunakan bahan phenolic yang dipress dengan tekanan tertentu. Dimana, permukaan jenis triplek satu ini terdapat lapisan tahan air pada permukananya. 

Jenis plywood film face di rancang dengan 10 lapisan, sehingga memiliki sifat yang tahan air, kuat, dan kokoh, jenis inilah yang kerap dimanfaatkan untuk bekisting, dinding, hingga lapisan lantai.

3. Plywood polyresin 

Jenis selanjutnya yakni Plyresin plywood dimana jenis multipleks ini dibuat dengan menggunakan ply bening dan dicoating dengan resin diatasnya, sehingga mulitplek ini memiliki 6 lapisan yang kokoh dan memiliki tampilan yang lebih kontras. 

4. Melamin Face Plywood

Jenis Mulitplek atau plywood selanjutnya yakni melamin face plywood, dimana jenis ini memili lapisan melamin pada permukananya, biasanya permukaan dari jenis plywood ini terdapat motif pada lapisan atasnya. 

Hanya saja, motifnya masih terbatas, sehingga kamu hanya di tampilkan beberapa motif saja, jenis ini yang kerap digunakan pada meja belajar, rak dapur, dan lainnya.

Kelebihan Plywood 

apa itu plywood

Karena berasal dari kayu solid, membuat plywood memiliki beberapa keunggulan, seperti berikut keunggulan plywood :

  1. Plywood memiliki kerapatan yang bagus, sehingga mampu menahan sekrup dan paku lebih kuat dan kokoh
  2. Tidak mudah memuai, kelebihan plywood tersebut membuat material papan ini lebih awet digunakan untuk kebutuhan mebel, seperti pintu, meja dan dresser
  3. Mudah dibentuk menjadi kelebihan plywood sehingga memungkinkan untuk digunakan sebagai bahan kerajinan tangan
  4. Tidak mudah berubah bentuk, walaupun sudah dibentuk menjadi yang diinginkan, sifat keras menjadi kelebihan untuk kebutuhan interior bangunan
  5. Terdapat serat kayu solid sehingga bisa dilapisi dengan resin atau finishing kayu, agar lebih terlihat mewah dan berkelas
  6. Tahan terahadap cuaca, air dan kelembaban menjadi kelebihan plywood yang terakhir.

Kegunaan Plywood 

apa itu plywood

Sedari tadi kita hanya membahas asal, jenis dan kelebihannya saja, namun belum tahu apa kegunaan utama dari plywood sendiri. 

Pada dasarnya kegunaan plywood yakni sebagain bahan bangunan yang digunakan sesuai kebutuhannya, karena sifat plywood seperti papan yang memiliki ketebalan tertentu. 


Sehingga penggunaannyapun beragam, salah satunya seperti lantai, balok, panel hingga material eksternal rumah. plywoodpun kerap menjadi lapisan permukaan pintu atau dinding kelongsong. 

Bahkan plywood populer pada penggunaannya sebagai penutup langit-langit atap atau panel dinding, sehingga plywood atau multiplek ini memiliki fungsi yang beragam.

Harga Plywood di Pasaran

Salah satu kelebihannya yakni memiliki harga yang relatif lebih ekonomis ketimbang, jenis papan kayu lainnya, harga yang ditawarkanpun tergantung jenis dan ukurannya. 

Namun dipasaran sendiri terdapat ukuran dari 120x240 cm, dengan ketebalan bervariasi antara 6,9,12,15 hingga 25mm. 

Biasanya, harga yang ditawarkan antara Rp 60.000 hingga Rp 300.000 saja dengan ketebalan 3 mm, namun ada juga yang lebih murah namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Jadi, tertarik menggunakan plywood? 

BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang