MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Ketahui 5 Jenis Triplek Terbaik beserta Fungsi dan Keunggulannya untuk Bangunan

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Ketahui 5 Jenis Triplek Terbaik beserta Fungsi dan Keunggulannya untuk Bangunan

Kamis, 11 Agustus 2022

Jenis Triplek - Membangun sebuah hunian yang kokoh dan terstruktur, tentunya memerlukan berbagai macam material, salah satu material yang kerap hadir dalam pembangunan yakni sebuah Triplek. 

Triplek atau disebut sebagai plywood merupakan sebuah papan pabrikan yang dimana pembuatannya terbuat dari olahan kayu, yang diolah menjadi lembaran papan dengan tebal dan ukuran yang berbeda.

Jenis Triplek

Ukuran tersebut dibuat dari kumpulan lembaran kayu tipis (vender) yang diirekatkan dengan menggunakan lem dengah arah serat, sehingga mencitpakan hasil yang kuat. 

Namun, ada beragam jenis Triplek yang tersedia dipasaran, dengan ukuran, kualitas dan harga yang berbeda, sehingga kamu perlu mengenalnya, untuk itu simak ulasannya berikut : 

Beberapa Jenis - Jenis Triplek Terbaik 

Berikut beberapa Jenis Triplek yang bisa kamu ketahui berserta kualitas dan harganya, sebelum kamu membelinya, yuk ketahui terlebih dahulu berikut : 

1. Medium Density Fiberboard

Jenis Triplek

Jenis Triplek pertama yakni, Medium Density Fiberboard atau lebih dikenal dengan Triplek MDF. Terbuat dari gabungan antara serat kayu lunak dan keras yang direkatkan menggunakan lem dengan tremperatur tinggi. 

Memiliki kekautan dan daya tahan yang baik sering dimanfaatkan untuk pembuatan kabinet atau kerajinan tangan, hanya saja kekuranganya yakni tidak tahan air. 

Adapun Harga dari jenis Triplek MDF yang sangat bervariatif, tergantung ukuran dan ketebalannya, berikut beberapa daftar harganya dari beberapa sumber :

Hargan Tiriplek Medium Density Fiberboard
  • 9 mm :  Rp 100.000,-
  • 15 mm : Rp 155.000,-
  • 18 mm : Rp 180.000,-

2. Triplek Low Density Fiberboard (LDF)

Jenis Triplek

Jenis Triplek berikutnya merupakan jenis triplek yang dimanufakur dari sisa pecahan kayu dari sisa lembah kerajinan, walaupun memiliki kualitas yang rendah namun jenis triplek ini masih diminati bagi industri perkayuan.

Terkadang Triplek LDF ini ditambahan dengan resin sintetik yang dipress bersamaan sehingga membentuk lapisan triplek yang lebih Padat. 

Memiliki harga yang lebih terjangkau, dengan bobot berat ringan dan lunak, sehingga kerap dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan, seperti Kerajinan, atap hunian, bahan baku mebel dan sebagainya.

Harga Triplek Low Density Fiberboard 
  • 9 mm : Rp 75.000
  • 12 mm : Rp 90.000
  • 15 mm : Rp 105.000
  • 18 mm : Rp 125.000

3. Multiplek

Jenis Triplek

Memiliki tingkatan lebih tinggi dibanding partikel board, Material triplek ini terbuat dari kulit kayu yang disusun dan direkatkan secara berlapis. 

Susunan tersebut dipress kembali menggunakan mesin bertekanan tinggi sehingga menghasilakn lembaran triplek yang memiliki tekstur rapat dengan daya tahan tinggi. 

Apalagi multiplek terkenal tahan air, dan kerap digunakan untuk kebtuhan perbotan yang lebih tahan lama dan awet. Walaupun memiliki kualitas lebih tinggi, namun hargnya masih sangat terjangkau 

Harga Triplek Multiplek
  • (40 x 60 cm )3 mm : Rp 13.000,-
  • (60 x 120cm )3 mm : Rp 35.000,-
  • (122 x 244 cm )3mm : Rp 45.000,-

4. Triplek Teakblock

Jenis Triplek

Berbeda dari jenis Triplek lainnya, triplek satu ini terbuat dari bahan kayu jati, namun bukan kayu jati solid. Terbentuk dari lapisan lapisan lembar kayu jati, yang direaktkan dan dipress menjadi satu.
 
Membuat triplek taekblock memiliki ketahanan yang lebih tinggi, apalagi, warna dari triplek ini sangatlah cantik dan estetik. 


Sehingga Triplek Taekblock kerapa digunakan sebagai bahan flooring desain lantai. Walaupun memiliki kualitas yang tinggi, namun harga dari Triplek Teakblcok masih cukup Terjangaku, sebagai berikut : 

Harga Triplek Teakblock
  • Teakwood 3x7 cm : Rp 62.000,-
  • Teakwood 4x8 cm : Rp 75.000,-
  • Teakwood (Silver) 4x8 cm : Rp 92.000,-

5. Triplek Blockboard

Jenis Triplek

Jenis Triplek berikutnya yakni Blokboard, material satu ini terdiri dari tiga lapisan kayu dengan serat berebda yang dipress menjadi satu lembaran utuh. 

Bahan Bloackboar sendiri terbuat dari kayu lunak namun memiliki ketahanan yang tinggi sehingga tak mudah patah. Kamu bisa menggunakan Triplek Blokboard ini sebagai rak, meja, bangku, lemari hingga pintu. 

Memiliki sifat yang ringan, Triplek bloackboardpun kerap diaplikasikan sebagai bahan bangunan, baik pada interior maupun eksterior. Harganyapun cukup terjangkau, seperti berikut : 

Harga Triplek Blockboard

15 mm : Rp 140.000,-
18 mm : Rp 160.000,-
25 mm : Rp 190.000,-

Manfaat Triplek untuk Bangunan 

Jenis Triplek

Tak hanya digunakan untuk penutup lapisan atap dan dinding saja, melainkan masih banyak manfaat triplek lainnya, diantara lain : 

  1. Triplek untuk lantai, biasanya triplek digunakan sebagai alas lantai yang sering terpakai sebagai gudang, dan dilapisi lagi dengan parket agar lebih empuk dan awet.
  2. Triplek untuk Dinding, penggunaan Triplek pada dinding dilakukan untuk mengenghemat dan juga efisiensi waktu, biasanya digunakan untuk sebuah dinding pertunjukan.
  3. Triplek untuk plafon, Plafon kerap menggunakan material Triplek, karena terkesan lebih murah dan mudah dalam pemasangannya. 

lalu, apa saja keunggulan dari penggunaan Triplek? berikut keunggulannya : 

Keunggulan Triplek untuk Bangunan

Berikut beberapa keunggulan Triplek yang bisa kamu ketahui sebelum mengaplikasikannya, antara lain : 
  • Memiliki Harga yang cukup Terjangkau
  • Mudah digunakan dan Mudah ditemukan 
  • Memiliki permukaan yang datar, sehingga cocok untuk dibuat berbagai kebutuhan
  • Memiliki variasi kekuatan yang berbeda, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan ruangan
  • Bisa digunakan sebagai bahan Furniture
  • Memiliki ketahanan yang baik sehingga tak mudah berubah bentuk
Jadi, Jenis Triplek mana yang akan kamu pilih? 
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang