MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Sudah Kenal Dengan Kayu Bayur? Yuk Pelajari karakteristik dan Manfaatnya Disini

Penasaran bagaimana karakteristik dari kayu Bayur? Yuk kenali kelebihannya Disi…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Sudah Kenal Dengan Kayu Bayur? Yuk Pelajari karakteristik dan Manfaatnya Disini

Selasa, 07 Juni 2022

Mengenal Kayu Bayur - Umumnya, setiap jenis kayu memiliki beragam kelebihan dan kekurangan dari berbagai aspek, apalagi di Indonesia sendiri memiliki beragam jenis kayu yang bisa kamu pilih dalam menyesuaikan kebutuhan. 

Terutama dalam bidang industri mebel hingga kebutuhan furniture, bahkan tak jarang jika kayu kerap menjadi material terbaik untuk bahan bangunan.

Manfaat Kayu Bayur

Walau sebagaian dari kamu hanya mengenal kayu-kayu populer, seperti Kayu Jati, Ulin, dan merbau. Tapi, ada lho jenis kayu yang murah dengan karakteristik yang menjual tinggi. Pernah mendengar Kayu Bayur? 

Walau Terdengar Asing, kayu bayur tentunya memiliki ciri khas yang unik, serta pemanfaatan yang beragam. Untuk itu, jika kamu tertarik dengan kayu bayur, yuk simak ulasan lengkapnya mengenai kayu bayur, berikut : 

Pohon Kayu Bayur

Manfaat Kayu Bayur

Pohon Bayur atau memiliki nama lain Pterospermum Javanicum ini merupakan salah satu flora yang berasal dari kawasan Tropis, kamu akan mudah menemukan pohon ini didaerah hutan liar pada ketinggian dibawah 1000 mdpl.

Tak hanya di Indonesia saja, Pohon bayurpun tersebar dibeberapa kawasan benua asia hingga wilayah Amerika Tengah, jika di Indonesia pohon ini tersebar paling besar di daerah pulau Jawa.

Ciri - Ciri Pohon Bayur

Pohon Bayur memiliki ciri khas yang terletak pada tingginya yang bisa mencapai 45 meter dengan ukuran batangnya hingga 100 cm, warna dari pohon bayur terlihat berwarna keabu-abuan dengan tekstur halus yang mencapai dangkal.

Daun Pohon Bayur

Ciri khas lainnya terletak pada ratingnya yang terlihat berrambut halus dan memiliki daun tunggal berseling dengan tangkai ukuran hingga 3-4 mm, helai daunnya memiliki bentuk bundar terlur sampai melanset

Pohon Bayurpun memiliki buah yang berbentuk kotak silindirs, ukuran tersebut bisa mencapai 5-13x2--5cm, pada usia muda buah pohon bayur akan berangsur gundul dan menghasilkan biji bersayap.

Tak hanya memiliki ciri khas dari pohonnya saja, melainkan kayu yang dihasilkan dari pohon bayurpun bisa kamu gunakan untuk beragam manfaat, sebelum mengenal manfaatnya, yuk ketahui terlebih dahulu karakteristiknya berikut : 

Karakteristik Kayu Bayur

Manfaat Kayu Bayur

Salah satu karakteristik dari kayu Tropis yakni tereletak pada warnanya yang unik, dimana warna dari kayu Bayur sendiri berwarna merah pucat namun ada juga yang berwarna coklat muda, pada bagian gubal kayunya berwarna Putih.

Tekstur Kayu Bayur

Kayu Bayur memiliki tekstur kayu yang cukup kasar dan memiliki serat yang cenderung lurus, mungkin hampir sama dengan kayu merbau, baik dari warna ataupun serat kayunya.

Berat Kayu bayur

Kayu Bayur memiliki berat jenis rata-rata sekitar 0,35 hingga 0,70 yang mana memiliki bobot yang lebih ringan dibanding kayu jati, sedangkan daya retaknya yang bagus atau tidak mudah retak.

Tingkat kelas awet dan kuat

Daya retak yang bagus tentunya disebabkan oleh tingkat kuat kayu bayur yang tergolong tinggi, tingkat kuat dikelas II-III, dengan tingkat awet dikelas IV-V menjadi alasan mengapa kayu satu ini tidak mudah retak.


Tak hanya karakteristiknya saja yang unggul, melainkan kamu akan mendapatkan banyak kelebihan dan juga kekurangan dari penggunaan kayu Bayur, kira-kira apa saja? Berikut informasinya : 

Plus dan Minus Kayu Bayur

Manfaat Kayu Bayur

Tentunya setiap jenis kayu pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya, baik itu dari faktor kekuatan ataupun pemanfaatan, begitupun dengan kayu bayur ini, antara lain : 

Salah satu kelebihan dari kayu bayur terletak pada tingkat ketahanannya terhadap ruang lembab, sehingga cocok untuk area dapur dan ruang makan.

Tampilan menarik, bahkan kayu bayar sangat mudah dalam proses pengolahannya, sehingga para tukang tak jarang menjadikan kayu bayur sebagai alternatif pilihan untuk berbagai keperluan.

Sayangnya, kayu bayur memiliki kekurangan dari tingkat ketahannya terhadap rayap, sehingga kamu perlu melakukan finishing cat anti rayap, selain itu kayu bayur tak cocok untuk kebutuhan luar ruangan, mengingat keawetannya yang rendah

Manfaat Kayu bayur

Manfaat Kayu Bayur

Setiap jenis kayu tentunya memiliki peranan penting untuk beragam kebutuhan, seperti kayu bayur ini yang bisa kamu gunakan, antara lain :

Beberapa informasi mengungkapkan bahwa kayu batyur kerap dijadikan sebagai bahan baku pertukangan didalam dunia industri maupun mebel. 

Salah satu produk terbaiknya, seperti Kursi, Meja, Rak lemari, dan perabotan lainnya. Serat kayu yang cantik tentunya menjadi daya tarik sendiri untuk kebutuhan perabotan.

Tapi, tak jarang lho jika kayu bayur digunakan untuk keperluan kontruksi ringan, seperti Kusen, rangka atap dan sebagainya.

Jadi, Tertarik menggunakan Kayu Bayur? 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mengenai kayu bayur yang bisa kamu jadikan alternatif pilihan, tentunya jika kurang srek, 

kami menyediakan berbagai macam jenis kayu terbaik yang bisa kamu lihat di artikel utama rajawali parket indonesia.
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang