MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Lengkap! Ketahui Karakteristik, manfaat hingga Kelebihan Kayu Kelapa Disini

Ternyata Kayu Kelapa bisa digunakan untuk Kebutuhan Material Interior! Seberapa…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Lengkap! Ketahui Karakteristik, manfaat hingga Kelebihan Kayu Kelapa Disini

Selasa, 24 Mei 2022

Kayu Kelapa - Membahas perihal kayu yang ada di Indonesia, tentunya tak akan ada habisnya bukan? apalagi Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki ratusan jenis pohon berpenghasil kayu terbaik. 

Tentunya, dengan berlimpahnya pohon yang ada Indonesia, membuat para produsen berbondong-bondong untuk mencari jenis kayu terbaik yang bisa diproduk diberbagai kebutuhan. 

mengenal Kayu Kelapa

Salah jenis kayu yang kerap digunakan untuk diproduksi diberbagai kebutuhan, yakni Kayu Kelapa. Mungkin sebagian dari kamu tidak menyadari bahwa kayu kelapaun dapat digunakan untuk beragam kebutuhan lho.

Tak hanya buah, dan daunnya saja, melainkan kayunyapun bisa. Kira-kira kenapa demikian ya? untuk itu kami disini akan membahas beberapa informasi tersebut untuk kamu ketahui, dari pada penasaran, yuk ketahui informasinya berikut : 

Tentang Kayu Kelapa

mengenal Kayu Kelapa

Apa itu Kayu Kelapa? 

Kayu Kelapa merupakan salah satu jenis pohon yang masuk kedalam keluarga Palmaceae dan golongan onocotyledonage yang memiliki nama latin yakni Cocos Nucifera L.

Habitat Pohon kelapa

Jika ditanya, dimana pohon kelapa banyak ditemukan? tentunya Genus cocos atau pohon kelapa ini dapat tumbuh dengan subur didaerah tropis, 

kamu bisa menemukan pohon satu ini didaerah pantai dengan kelembaban tanah yang tinggi. Tak heran, jika kamu sering melihat pohon kelapa dipesisir pantai.

Usia Pohon Kelapa untuk Material Furniture

Tentunya, kebutuhan furniture yang menggunakan pohon satu ini perlu umur pohon yang pas, sehingga hasil yang diproduksipun maksimal. 

Kamu bisa menggunakan pohon kelapa diusia minimal 60 tahun, terutama kayu satu ini perlu diolah terelebih dahulu dengan pengolahan alami, dan dilakukan pemadatan tatau densifikasi terlebih dahulu sebelum diproduksi.

Namun, sudah tahu apa saja ciri dari pohon kelapa? yuk simak ulasannya berikut : 

Ciri -  Ciri Pohon Kelapa

mengenal Kayu Kelapa

Pohon Kelapa tentunya memiliki ciri - ciri dan texture yang berbeda dari jenis pohon lainnya, seperti berikut : 

1. Warna Pohon Kelapa

Ciri khas pertama dari pohon satu ini, yakni memiliki batang yang berbentuk silinder berwarna cokelat, atau cokelat keabu-abuan dengan diamater pohonya bisa mencapai 20 hingga 30 cm yang biasanya tumbuh dengan postur pohon yang miring

2. Daun Pohon Kelapa

Daun pohon kelapa memiliki bentuk yang khas dan unik, yakni menyirip dengan warna hijau yang mengkilap. 

Daun dari phohon kelapa mampu tumbuh panjang mencapai 2-6 meter, selain itu, daun ini memiliki tandan bunga bercabang yang terletak pada ujung daun

Seperti yang dibahas diatas, kamu bisa memanfaatkan batang kayunya untuk beragam kebutuhan. biasanya, kayu dari pohon kelapa sering digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. 

Salah satunya sebagai furniture kayu. Lalu, bagaimana dengan karakteristiknya? yuk simak informasinya berikut : 

Mengenal karakteristik Kayu Kelapa

mengenal Kayu Kelapa

1. Panjang Kayu 

karakteristik pertama yang bisa kamu ketahui yakni panjang dari kayunya yang bisa mencapai 5 hingga 30 meter, sehingga pengunaan untuk furniture sangat luas untuk kamu gunakan.

2. Tingkat Keras 

Jangan salah mengira, bahwa kayu kelapa ternyata memiliki tingkat keras kayu yang unggul lho, bahkan berat rata-rata kayu bisa mencapai 0,74 yang dimana kayu ini termasuk kayu kelas II.

3. Tampilan Warna Kayu kelapa

Tak hanya memiliki tingkat kuat dan panjang yan gunggul saja, melainkan kayu kelapa memiliki tampilan yang cukup baik, dimana teksturnya yang kasar ditambah warna kayu berwarna merah kecoklatan. 

Hal inilah yang membuat kamu bisa menggantikan kayu merbau dengan kayu kelapa bahkan dengan harga yang lebih murah.

Kira-kira, jika dilihat dari karakteristiknya, pasti sudah bisa menebak bukan bahwa kayu ini sangat unggul untuk kebutuhan interior dan furntire? untuk itu, yuk ketahui manfaat-manfaat kayu kelapa berikut :

Manfaat Kayu kelapa

mengenal Kayu Kelapa

Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu gunakan, dengan kayu kelapa. Antara lain : 

1. Furniture Kayu Kelapa

Manfaat yang paling identik dengan kayu kelapa, yakni perihal pemanfaatannya yang sering digunakan sebagai bahan furniture.  

Kamu bisa menemukan bebergai furntiure dari kayu kelapa, seperti Meja, kursi, hingga kerajinan tangan. Hal tersebut, dikarenakan warna dan serat kayu kelapa yang unik.

2. Plafon atau Lambersering

Tak hanya bisa digunakan untuk kebutuhan furniture saja, melainkan manfaat lainnya dari kayu kelapa yakni sebagai bahan rangka atap, 

Tentunya hal ini cocok dikarenakan tingkat kuat yang tinggi, serta bentuk dan panjang kayu kelapa yang cocok untuk mendukung kebutuhan plafon hunian.

3. Lantai Kayu Kelapa

Apa bisa kayu kelapa digunakan untuk material lantai? yaps, Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kayu satu ini yakni bisa digunakan untuk kebutuhan lantai bangunan. 


Sebab tekstur kayu yang keras dan kokoh, ditambah lagi tampilan kayu kelapa yang begitu indah. Walaupun lantai kelapa tak seindah dan sekokoh kayu jati, namun kamu bisa menggunakannya.

lalu, apa saja kelebihan menggunakan material kayu kelapa? Berikut informasinya : 

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Kelapa

mengenal Kayu Kelapa

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan Kayu kelapa, antara lain : 

Kelebihan Kayu Kelapa

  1. Tahan Terhadap Rayap atau Jamur
  2. Kuat dan Tidak mudah Rusak
  3. Perawatan yang mudah
  4. Manfaat yang ebragam
  5. Memiliki bentuk yang Stabil

Kekurangan Kayu Kelapa

  1. Daya tahan Air yang rendah
  2. Tekstur serat Kasar
  3. Tidak bisa digunakan diarea Luar
  4. Proses pengolahan yang Sulit
Jadi, bagaimana? Tertarik menggunakan Kayu Kelapa? 

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan mengenai kayu kelapa dari karakteristik pohon, manfaat kayu hingga kelebihan dan kekurangannya. 

Tapi, jika kamu ingin mencari informasi mengenai kayu lainnya, yuk kunjungi halaman utama Rajawali parket indonesia. 


BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang