MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Apa itu Lisplang? Ketahui Fungsi dan Jenis - Jenisnya untuk Bangunan

Kebutuhan Lisplang tentunya banyak digunakan untuk kontruksi bangunan, lalu apa…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Apa itu Lisplang? Ketahui Fungsi dan Jenis - Jenisnya untuk Bangunan

Selasa, 22 Maret 2022

Fungsi Lisplang - Banyaknya material bangunan yang bisa kamu gunakan untuk kontruksi bangunan, tentunya dengan semakin banyak jenis bangunan kita bisa lebih leluasa dalam mendekorasi interior maupun eksterior rumah. 

Tentunya hal ini dikarenakan setiap material memiliki keunikan dan fungsinya tersendiri, seperti halnya material satu ini, pernah mendengar Lisplang pada kontruksi bangunan? 

Pastinya, tak banyak orang tahu tentang material satu ini, hanya saja material memiliki peranan penting pada bangunan hunian. 

Nah, secara kebetulan kami sudah merangkum beberapa informasi penting mengenai apa itu lisplang, bagaimana fungsinya dan ada jenis apa saja. Untuk itu, jika kamu penasaran dengan pembahasan kali ini, yuk simak ulasan lengkapnya berikut : 

Apa Itu Lisplang? 

Apa itu Lisplang

Lispang itu sendiri merupakan salah satu material kontruksi yang kerap dipakai sebagai papan pelapis untuk menutupi area atas bangunan, secara singkatnya keberadaan lispang berfungsi untuk menciptakan rigid yang berasal dari susunan kaso kayu. 

Sebagai Penata Kayu Kaso

Tentunya hal tersebut bukan tanpa alasan, mengingat kayu kaso hanya diberi paku berukuran kecil sebagai perekatnya, dengan kata lain dengan adanya lisplang maka posisi kayu kaso menjadi lebih stabil dan tidak mudah bergeser.

Pelindung Berbagai Cuaca

Tentunya fungsi lisplang tak hanya sekedar itu saja, bahkan penggunaan lisplangpun dapat berperan sebagai pelindung bagian tepi atap, dari efek panas matahari dan guyuran hujan. 

Alhasil dengan adanya lisplang aliran arai atau cahaya matahari tak langsung masuk kedalam dinding luar hunian. Selain digunakan sebagai pelindung, tentu penggunaan lisplang juga dapat memberikan tampilan bangunan rumah yang lebih presisi dan estetik. 

Namun hal tersebut tergantung pada jenis lisplang yang akan digunakan. Pasalnya lisplang memiliki spesifikasi jenis yang berbeda - beda. Untuk itulah kita perlu memilih jenis mana yang cocok untuk bangunan rumah, seperti berikut : 

Jenis - Jenis Material Lisplang yang Berkualitas

Berikut beberapa jenis lisplang yang bisa kamu gunakan, dengan spefikasi berbeda, antara lain : 

1. Lisplang Kayu Polos

Lisplang Kayu Polos

Menurut beberapa informasi yang didapat, ternyata lisplang kayu polos menjadi material lisplang tertua di Indonesia. 

hal ini tentunya terbukti dari bangunan-bangunan tradisonal yang sampai hari ini masih menggunakan lisplang kayu polos. Kamu bisa menemukan bangunan tersebut dibeberapa daerah, salah satunya di daerah jawa dan Bali.

Dari segi materialnuya saja, lisplang kayu polos terbuat dari kayu yang ukurannya bisa mencapai 20cm dengan ketebalan 2 cm hingga 3cm, sedangkan untuk kualitasnya, lisplang polos sering menggunakan kayu dengan tekstur yang lebih ringan namun kuat.


Tentunya penggunaan lisplang kayu polos memiliki keunggulan dari lisplang lainnya, yakni model bentuknya yang dapat diukir sesuai kebutuhan, yang ukirannya masuk kedalam beberapa varian sekaligus. 

Nah, karena keunggulan itulah yang membuat lisplang berbehan kayu solid menjadi andalan untuk mempercantik tampilan hunian bergaya tradisional. 

Kendati demikian, jenis lisplang polos inipun bisa kamu aplikasikan untuk rumah bergaya modern lho, bahkan kayu yang digunakanpun cukup beragam, dengan jenis kayu terbaik. Seperti berikut : 
  • Jenis Kayu Jati
  • Jenis Kayu Merbau
  • Jenis kayu Bengkirai
  • Jenis Kayu Keruing dan kayu kelas I-II lainnya.

2. Lisplang Kayu Bermotif (FDL)

Jenis Lisplang Bermotif

Hampir sama dengan Lisplang kayu polos, hanya saja lisplang bermotif memiliki kesan estetik yang lebih tinggi, terutama pada bagian motifnya. 

Sebab lisplang kayu motif memiliki tampilan yang sangat kental dengan nuansa natural dan etnik. Tentunya dengan menggunakan lisplang bermotif, maka hunian akan tampak lebih natural, mewah dan elegant. 

Agar mendapatkan hasil yang lebih sempurna, kamu bisa memiliki sentra pengerajin yang benear-benar memiliki track record terbaik. 

Jika perlu kamu bisa memilih dan menunjukan motif kayu yang diinginkan agar sama dengan konsep yang disiapkan, oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan motif berserta pola ukuirannya sebelum mengujungi produsen penyedia lisplang kayu bermotif.

3. Lisplang GRC 

Lisplang GRC

Jenis lisplang berikutnya yang bisa kamu gunakan, yakni berupa lisplang GRC, lisplang satu ini memiliki bobot yang lebih ringan, dan tahan terhadap perubahan cuaca serta dikenal dengan lisplang yang kokoh.

Dari segi hargapun, lisplang GRC relatif lebih terjangkau sehingga banyak pemilik hunian memilih material lisplang satu ini. 

Bahkan kamu bisa menemukan jenis ini dengan mudah dipasaran, namun kamu perlu tahu bahwa lisplang GRC memiliki 2 motif yang berbeda, yakni motif polos warna abu putih dan Motif kayu.

Tentunya motif kayu ini bisa menjadi alternatif pilihan jika budget yang kamu siapkan kurang memadai untuk menggunakan lisplang kayu solid. Namun, penggunaan lisplang polos terkesan simple, sehingga hanya cocok untuk bangunan rumah bergaua minimalis.

4. Lisplang Beton

Lisplang Beton

Sesuai dengan namanya, lisplang satu ini terbuat dari campuran semen pasir dan material lainnya, bentuk lisplang ini memiliki tampilan yang lebih rapih dan presisi. 

Hal ini dikarenakan proses pembuatannya menggunakan mesin cetak khusus sehingga menghasilkan fostur produk yang oke, dari tingkat kuat dan awetnyapaun, lisplang beton jauh lebih baik dibanding jenis lainnya. 

Hal ini terbukti dimana lisplang beton tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim, anti korosi, tidak mengalami pemuaian, bahkan tidak mengalami pelapukan, sehingga tak heran jika harga lisplang satu ini terbilang lebih mahal. 

Namun, dari tingkat tampilannya. Lisplang beton, tidak terlalu istimewa karena tampilannya yang terkesan monoton, tak hanya itu model lisplang beton juga tidak terlalu banyak pilihan. 

5. Lisplang Metal

Lisplang Metal

Jenis Lisplang terakhir yang bisa kamu gunakan yaitu Lisplang Metal, jenis lisplang ini sering menjadi alternatif terbaik sebagai pengganti lisplang berbahan kayu, hal ini dikarenakan harganya yang terbilang lebih murah dibanding lisplang lainnya. 

Jika mengenai kualitasnya, lisplang ini tentunya memiliki kualitas yang standar, dengan bentuk dan pembuatan dari campuran bahan alumunium, galvanis, hingga alumezine. 

Lisplang satu ini cukup mudah ditemukan diberbagai tempat, dengan ukuran mulai 0,6 cm hingga 0,9 cm. Jika kamu masih bingung menempatkan dikonsep seperti apa, penggunana lisplang metal terkesan lebih idel jika digunakan dirumah beragaya modern. 

Tidak hanya itu saja, bahkan proses pemasangan lispang satu ini dinilai lebih praktis. Pasalnya, Terkesan metal tampil dengan bobot yang sangat ringat, bahwa perawatan lispang ini teresan cukup mudah. 


Mengingat bahannya yang terbuat dari campuran alumunium dan galvanis, lisplang jenis inipun tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim. 

Namun jika ingin menggunakan lisplang metak, maka genteng yang harus kamu gunakan adalah genteng metal .  Pasalnya, lisplang metal akan terlihat serasi dengan peprpaudan genteng metal, sehingga fasad rumahmu akan tampak lebih mewah dan elegant.

Jadi, sudah tahu material mana yang akan kamu gunakan untuk kebutuhan lisplang? 

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, tentunya kamu bisa mencari informasi menarik lainnya mengenai material interior dan eksterior, yang tentunya hanya di Rajawali parket indonesia. 

BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang