MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Serba - Serbi Kelebihan dan karakteristik Kayu walnut! Ternyata ini Manfaatnya

Berbicara mengenal jenis kayu tentunya sangatlah beragam, namun sudah tahu kayu…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Serba - Serbi Kelebihan dan karakteristik Kayu walnut! Ternyata ini Manfaatnya

Selasa, 18 Januari 2022
Kayu Walnut - Hingga saat ini, kebutuhan kayu menjadi salah satu material yang masih diandalkan untuk kebutuhan Kontruksi maupun Furniture. 

Dimana kayu memiliki sifat fleksibel serta ideal yang penting untuk berbagai kebutuhan. Harga yang dibandrolpun cukup beragam membuat Anda bisa memilih jenis kayu sesuai budget yang Anda siapkan.

Mengenal Kayu Walnut

Jenis kayu yang beragampun menjadi faktor utama mengapa material satu ini masih banyak digunakan, tentunya setiap jenis kayu memiliki fungsi dan karakteristiknya yang berbeda. Seperti jenis kayu satu ini.

Kayu Walnut, pernah mendengar Kayu walnut? ya kayu walnut merupakan jenis kayu yang memiliki serat dan warna yang cantik, tentunya kayu walnut memiliki kualitas yang mumpuni. Apa saja? simak penjelasannya berikut : 

Serba - Serbi kayu walnut 

Bagi Anda yang penasaran dengan jenis kayu satu ini, kami akan memberikan beberapa informasi menarik dari asal usul, karakteristik, hingga lainnya. Maka dari itu, simak uraiannya berikut : 

Asal usul Kayu walnut

Menurut beberapa informasi yang didapat, kayu walnut merupakan jenis kayu yang masuk kedalam keluarga Genus juglans dan Jugladaceae.

Tidak hanya dimanfaatkan kayunya saja, bagian biji walnut kerap digunakan untuk dijadikan cemilan ringan, ya cemilan tersebut yaitu Kacang Walnut.


Menurut infromasi biasanya pohon walnut tumbuh diketinggian 10 hingga 40 meter dipermukaan laut, pohon ini memiliki daun yang berbentuk sirip dengan bunga muncul pada saat musim semi. 

pohon walnut hanya bisa dijumpai dinegara luar saja, seperti jepang, kanada, argentina, dan kawasan eropa. Sering berjalannya waktu, pohon walnut sudah tersebar di berbagai kawasan asia, termasuk indonesia.

Karakteristik Kayu Walnut

Kayu walnut atau common walnut secara umum dikenal dengan sebutan Black walnut, hal tersebut dikarenakan karakter dari warna kayu walnut yang terbilang gelap. 

Warna Kayu Walnut

Mengenal Karakteristik Kayu walnut

Tapi tidak semua kayu walnut berwarna gelap lho, melainkan Kita bisa melihat beberapa jenis kayu satu ini memiliki warna yang terbilang lebih cerah atau cokelat muda. Hal ini ditentukan dari segi kualitasnya. 

Berat Kayu Walnut

Tidak hanya terkenal dengan warnanya saja yang unik, melainkan Kayu walnut terkenal dengan bobot beratnya yang cukup ringan, biasanya kayu walnut memiliki berat di 610kg/m3.

Dengan berat seringan itu, kayu walnut pun di lengkapi dengan tekstur kayu yang agak kasar dan kuat, bahkan beberapa informasi mengatakan kayu satu ini dapat bertahan hingga puluhan tahun.

Kayu Walnut termasuk Kayu Mahal

Tentunya, dengan karakeristik seperti itu, membuat kayu satu ini agak sulit untuk dicari, karena itulah kayu satu ini memiliki harga yang terblang cukup tinggi, jika dibandingkan dengan kayu lainnya

karakteristik kayu yang unggul, serta dilengkapi tingkat kuat dan warna yang unik, membuat kayu satu ini banyak diproduksi untuk dijadikan beberapa manfaaat, kira-kira manfaaat apa saja ya? Berikut informasinya : 

Berbagai Manfaat Kayu Walnut 

Manfaat kayu walnut
  • Sebagai bahan Kontruksi, tidak jarang orang tahu, bahwa kayu walnut selain digunakan untuk kebutuhan furniture, ternyata kayu satu ini cocok lho jika digunakan untuk bahan kontruksi, seperti tiang penyangga. Karena memiliki durabilitas yang cukup baik.

  • Kerajinan Kayu Walnut, Andapun dapat memadupadukan kayu walnut sebagai bahan kerajinan, hal tersebut dikarenakan warna dari kayu walnut yang sangat cocok untuk kebutuhan kerajinan, seperti jam tangan, pegangan senjata, hingga ukiran tangan.

  • Furniture kayu walnut, salah satu manfaat yang sangat sering digunakan dengan kayu walnut yaitu Furniture. beberapa furniture terpopuler berasal dari kayu walnut lho, biasanya Anda dapat menemukan furniture tersebut untuk Meja, kursi, dan furniture lainnya.

  • Lantai Kayu walnut, namun dibeberapa negara, kayu walnut malah digunakan sebagai material lantai karena memiliki warna yang asik, tapi di indonesia itu sendiri penggunaan kayu sebagai material lantai tergolong jarang. 
Kira-kira apa saja ya keunggulan dari kayu walnut? sehingga dapat dimanfaatkan untuk beberapa kebutuhan diatas? dari pada penasaran, yuk kita simak keunggulan kayu walnut : 

Berbagai Keuggulan Kayu Walnut 

Cocok untuk Kebutuhan Kontruksi

seperti yang sudah dibahas diatas, bahwasaanya kayu walnut dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan kontruksi, hal tersebut dikarenakan kayu walnut memiliki keunggulan dari segi warna. 

bahan kayu kontruksi

Warna cokelat muda serta kehitaman membuat kebutuhan kontruksi semakin cantik. Apalagi, kayu walnut memiliki tigkat keras dan awet yang cukup tinggi. 


Membuat kebutuhan kontruksipun akan kuat dan anti rapuh, bahkan dapat bertahan hingga puluhan tahun lamanya. Untuk itulah kayu walnut sangat unggul untuk kebutuhan Kontruksi.

Bobot ringan yang banyak Manfaat

Keunggulan berikutnya ialah bobot kayu yang cukup ringan, terlebih ketika kayu walnut sudah kering, maka bobot yang akan diperoleh mencapai sekitar 610kg/m2.  

Berat tersebut tentunya cukup ringan bagi material kayu serbaga guna. dengan bobot yang cukup ringan itulah, dapat memudahkan proses pengolahan kayu ini dengan cepat. 

Bahkan tidak hanya bobotnya saja, melainkan kayu walnut tidak mengeluarkan aroma menyengat yang menjadi point lebih dari keunggulannya.

Warna yang memanjakan Mata 

Pohon walnut memiliki tampilan dengan motif dan serat kayu yang didominasi oleh warna hitam. Dengan Warna tersebutlah yang membuat kayu walnut tampil sangat istimewa dibanding kayu lainnnya. 

Tidak hanya itu, melainkan kayu walnut memiliki guratan dengan perpaduan warna cokelat dan hitam, sehingga tidak heran jika semua produk kayu walnut memiliki tampilan yang mewah serta menawan.

Warna Kayu yang bervariatif

Sebagaimana yang sudah diulas diatas, bahwa kayu walnut memiliki beberapa perpaduan warna yang berbeda. Ada yang berwarna hitam cokelat, cokelat muda hingga hitam. namun, kayu walnut berwarna cokelat hitam menjadi plihan banyak orang ketimbang warna lainnya.

Warna kayu walnut

Dengan keuggulan warna yang beragam inilah yang membuat Anda bisa memilih warna yang sesuai dengan selera Anda, namun kami sarankan untuk memilih warna yang paling gelap. 

Hal ini dikarenakan kualitas dari kayu walnut terlihat dari warnannya, dengan contoh semakin kayu walnut hitam semakin tinggi juga kualitasnya. Namun, hal tersebut tergantung selera Anda.

Jadi, tertarik menggunakan Kayu Walnut? 

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, namun untuk Anda yang sedang mencari lantai kayu berkualitas. Anda dapat mengujungi artikel utama.
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang