MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

4 Manfaat Kayu Damar yang Bernilai Tinggi

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

4 Manfaat Kayu Damar yang Bernilai Tinggi

Selasa, 20 Juni 2023

Manfaat Kayu Damar

Manfaat kayu Damar
- Membicarakan perihal kayu mungkin tidak akan ada habisnya bukan? secara indonesia merupakan negara yang dikonfirmasi memiliki sekitar ribuan jenis pohon kayu

Namun hanya 400 jenis kayu saja yang berpotensi mendukung kebutuhan industri.  Tentunya kebutuhan-kebutuhan tersebut kerap kali menjadi topik utama untuk memilih jenis kayu mana yang cocok.

Namun kira-kira jenis kayu mana saja ya? tentunya, akan sangat panjang jika membahas semua jenis kayu tersebut disini, namun kebetulan kami akan memberikan informasi mengenai salah satu jenis kayu terbaik, sudah tahu jenis kayu apa?

ya, kayu damar. Mungkin sebagian orang terasa asing mendengar jenis kayu satu ini, namun setelah di teliti, ternyata kayu damar memiliki beragam keunggulan lho, untuk Anda yang penasaran, yuk simak ulasannya berikut : 

Mengenal Kayu Damar 

Manfaat Kayu Damar

Salah satu fakta menarik nih dari pohon damar, yaitu pohon satu ini merupakan salah satu jenis pohon pinus lho, tepatnya pohon pinus ini hanya bisa tumbuh dikawasan Gunung.

Tapi, akibat manfaat Kayu damar yang tinggi, membuat pohon damar kian hari kian terancam oleh penebangan secara liar, karena itulah Kayu Damar sulit untuk dicari. 

Namun, Anda masih bisa lho melihat pohon satu ini, karena tepatnya dibeberapa daerah seperti pulau jawab, sulawesi hingga maluku, masih terdapat beberapa pohon damar

Tidak hanya dinegara indonesia saja pohon damar bisa tumbuh subur, dibeberapa negara seperti malaysia dan filipina pun Anda masih bisa menemukan pohon damar satu ini. 

Tinggi Pohon Damar

Pohon damar, dapat tumbuh mencapai 46 meter, dengan batang berbentuk bulat silinder, dan memiliki diamater mencapai 1,5 meter yang memiliki tampilan pada area luar berwarna keabu-abuan dan agak kemerahan.

Daun pohon damarpun memiliki tampilan dengan bentuk jorong berukuran 8-8 x 2-3 xm, dan bagian ujungnya berbentuk meruncing kearah ujung yang membundar.


Setelah membaca perihal pohon damar, selanjutnya Andapun perlu mengenal beberapa informasi mengenai karakteristik dan manfaat apa saja yang berasal dari kayu damar, untuk itu simak ulasannya berikut : 

Karakteristik Kayu Damar 

Manfaat Kayu Damar

Kayu damar memiliki karakteristik yang unggul, dimulai dari warnanya yang cenderung seragam dengan bagian gumbal dan tengahnya dengan warna putih keputihan.

Terlebih serat dari kayu damar terbilang bervariasi dengan arah dominan lurus, dan memilii variasi serat lainnya, tergantung jenis dan area petumbuhannya.

Selain itu, berat bobot kayu damarpun terbilang cukup ringan untuk sebagian kayu yang memiliki banyak manfaat, terlebih lagi Manfaat kayu damar dari segi kualtias kuat dan awet cukup baik lho. 

Tingkat kuat kayu damar

kayu damar, memiliki tingkat keras dan kerapatan yang rendah, bahkan kayu damar ini tergolong kedalam kayu kelas kuat III, walaupun tidak sebaik kayu jati, kayu damar memiliki banyak manfaat lho.

Perihal ketahannnya, kayu damar ini tidak tahan terhadap seranga jamur, maka dari itu pada proses produksinya kayu ini harus cepat dikeringkan. 

Point lebihnya kayu damar ini merupakan jenis kayu yang cepat dalam pengeringannya, Sehingga Manfaat kayu damar bisa dipercepat untuk dijadikan banyak kegunaan. 

Permukaan Kayu damar

Kayu damar memiliki permukaan yang halus, serta terasa licin jika disentuk, teksturnya yang halus, menjadikan kayu satu ini digunakan untuk beberapa manfaat industri furniture. 

Lalu, Apa saja manfaatnya? Berikut informasinya : 

Apa saja manfaat Kayu Damar? 

Manfaat Kayu Damar

Tentunya dengan beragam karakteristik diatas, membuat kayu satu ini tidak hanya dijadikan sebagai pohon anti longsor saja, melainkan banyak kebutuhan furniture yang menggunakannya. 

Bahkan, produk yang menggunakan kayu damar, banyak disukai dan memiiki kualitas tinggi yang dapat dijual dipasaran hingga keluar negeri, manfaat tersebut seperti :
  1. Bahan Gitar, Manfaat kayu damar dari serat dan permukaan yang halus menjadikan kayu satu ini sering dipakai untuk bahan alat musik seperti Gitar

  2. Tiang perahu, dengan tingkat kuat yang cukup, dan ketahanan yang unggul. menjadikan kayu damar bisa Anda gunakan untuk pembuatan tiang perahu

  3. Bahan Parfum, wangi dan ion yang baik, membuat kayu damar tidak hanya sebatas bahan commercial saja, melainkan Anda bisa menggunakannya sebagai campuran minyak wangi.

  4. Peti Kemas, tidak bisa dipungkiri dengan warna dan proses pengeringan yang cepat, membuat kayu damar banyak digunakan sebagai bahan peti kemas yang Unggul

Tentunya manfaat tersebut dilandasi dengan kelebihannya, untuk itu berikut kelebihan dari kayu damar :

Mengenal Kelebihan Kayu Damar

Manfaat Kayu Damar

1. Bermanfaat untuk kesehatan

Kelebihan pertama yang membuat pohon damar ini menjadi sulit dicari yaitu memiliki kelebihan yang bisa digunakan sebagai obat herbal. 

Manfaat kayu damar inilah yang membuat kayu damar bisa dijadikan Obat herbal, dimana manfaat ini berasal dari jenis batangnya yang berjenis agathis macrophylia yang berfungsi sebagai penghambat perkembaangan sel line yang tidak baik untuk kesehatan.

2. Menghasilkan Oksigen

Seperti umumnya diketahui, bahwa setiap tanaman dapat menghasilkan oksigen, begitupun dengan jenis damar satu ini, yaitu proses fotosintesisnya dapat menghasilkan oksigen yang penting untuk kehidupan.

3. Penyerapan air yang Unggul

Kelebihan lainnya yaitu pohon damar memiliki akar yang lebar dan besar membuat pohon ini dapat menampung air lebih besar, dan sering diunggulkan dalam penyerapan air yang membuat tanah tidak mudah longsor.

Jadi, sudah mengenal dari Manfaat Kayu damar?



BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang