MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Kegunaan dan Jenis Bahan Terbaik yang Digunakan untuk Rooftop

Ingin membuat rooftop? Ketahuilah kegunaan serta bahan material terbaik yang bi…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Kegunaan dan Jenis Bahan Terbaik yang Digunakan untuk Rooftop

Sabtu, 15 Mei 2021
kegunaan dan jenis bahan terbaik untuk rooftop

Rooftop banyak kita temukan di bangunan-bangunan besar yang sifatnya komersil, seperti hotel, cafĂ©, dan lainnya. Namun bukan hal yang tidak mungkin jika rooftop juga dimiliki oleh hunian pribadi juga dimanfaatkan menjadi tempat bersantai yang menyenangkan, karena rooftop yang ada di rumah-rumah pribadi biasanya digunakan untuk tempat berjemur pakaian. 

Rooftop adalah bagian atap datar dari dak beton yang umumnya ditemukan pada hunian dengan konsep modern minimalis. Kini banyak masyarakat yang mulai memanfaatkan rooftop untuk dijadikan tempat lain selain untuk menjemur pakaian. Roooftop juga bisa dijadikan taman atap untuk membuat rumah tampak asri dan natural. 

Berikut ini adalah kegunaan atau beberapa fungsi dari rooftop yang bisa kamu manfaatkan.

fungsi rooftop

1. Ruang santai dan ruang makan outdoor 

Rooftop bisa kamu jadikan sebagai ruang makan outdoor. Akan sangat menyenangkan jika kamu menimkati makan bersama keluarga di rooftop ketika malam hari atau ketika cuaca sedang cukup sejuk. Kamu bisa mempersiapkan space yang cukup dengan meja dan kursi untuk anggota keluargamu. Agar lebih nyaman hias juga rooftop dengan taman kecil. 

Kamu juga bisa bersantai di aera ini, lengkapi perabot seperti sofa dengan bantal yang nyaman sehingga tercipta suasana yang santai. Dengan adanya taman dan rooftop ini, kamu bisa menjadikan taman ini sebagai tempat untuk berbincang-bincang dengan saudara atau teman yang berkunjung ke rumah.

2. Tempat pesta barbeque

Sama seperti poin di atas, rooftop bisa kamu jadikan tempat berkumpul bersama teman dan saudara. Jika kamu memiliki space rooftop yang tidak terlalu besar, kamu bisa menggunakan sedikit perabot. Misalnya saat acara tahun baru, gunakanlah pemanggang portable untuk mengadakan pesta barbeque. Sementara itu jika area rooftop cukup luas, kamu bisa lebih leluasa menghias rooftop dengan berbagai perabotan. Untuk mengadakan pesta barbeque di area rooftop yang luas ini, kamu bisa menggunakan pemanggang permanen. Kamu juga bisa menempatkan perabot seperti meja dan kursi duduk yang nyaman.

Adanya rooftop ini bisa jadi tempat kamu menikmati pesta kembang api bersama saudara atau teman-temanmu. Rooftop juga bisa kamu jadikan tempat untuk melihat keindahan langit malam hari.

3. Dijadikan kolam renang atau jacuzzi

Bukan hal yang tidak mungkin rooftop hunianmu dibuat kolam renang atau juga jacuzzi yang mana hanya bisa kita temui di perhotelan. Namun dalam pembuatannya harus melibatkan perencanaan yang matang karena untuk menghindari resiko seperti kegagalan struktur, terjadi rembes, atau juga kebocoran. Kegagalan struktur seperti ini jika terjadi akan membahayakan semua penghuni rumah, sehingga memerlukan pertimbangan dan perencanaan oleh ahlinya. Selain itu untuk membuat rooftop seperti ini, diperlukan dana yang tidak sedikit. Namun jika kamu masih ingin menempatkan suasana seperti adanya kolam renang, kamu bisa menggunakan alternatif lain, yakni menempatkan hot tub atau juga portable jacuzzi.

4. Sebagai pelindung bangunan

Adanya rooftop bisa dijadikan sebagai pelindung bangunan. Rooftop yang dijadikan taman atap rumah menjadi peredam panas yang bisa mengurangi radiasi sinar matahari rumah. Karena hal inilah taman atap rumah bisa melindungi struktur eksterior bangunan. Karena terlindungi, bangunan bisa terhindar dari resiko kerusakan fisik bangunan, misalnya saja seperti pelapukan dan kebocoran atap jika bangunan memiliki sistem drainase waterproofing yang baik. Oleh karena itu adanya rooftop yang dimanfaatkan sebagai taman atap bisa memperpanjang usia ketahanan dari bangunan. 

5. Sebagai lapisan penahan air

Meskipun taman di rooftop tidak menyerap air secara langsung ke dalam tanah, namun taman ini bisa menahan dan menyimpan 30 persen air hujan. Air yang tersimpan di taman bisa kamu gunakan untuk menyiram tanaman atau juga digunakan sebagai air untuk membersihkan kendaraan. 

6. Meningkatkan kualitas udara di lingkungan sekitar

Taman di atas atap rumah juga berfungsi sebagai ruang terbuka hijau. Adanya ruang terbuka hijau bisa membantu dalam mengurangi pemanasan global. Selain itu, rooftop yang dijadikan taman hijau juka membuat lingkungan sekitarnya menjadi lebih asri dan sehat. 

7. Sebagai peredam suara bising

Rooftop juga berfungsi sebagai peredam suara yang baik. Agar fungsinya lebih maksimal, ada baiknya kamu menggunakan tanaman dengan permukaan yang kasar dan bisa ditanam secara meluas, misalnya rumput dan tanaman perdu. Karena bisa meredam kebisingan berkat adanya taman di rooftop, hunian dan lingkunganmu akan lebih nyaman dan tenang. 

Setelah mengetahui beberapa kegunaan dari rooftop yang juga bisa dijadikan inspirasi, kamu juga harus mengetahui akan beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni struktur dan bahan terbaik untuk rooftop agar ketahanannya terjamin. Kamu harus memastikan bahwa rooftop memiliki struktur yang cukup kuat sehingga tidak mengalami rembes dan kebocoran. 

Jika kamu menggunakan rooftop sebagai taman, sebaiknya pilih jenis tanaman yang mudah dirawat dan bisa tahan terhadap perubahan cuaca. Pastikan juga furnitur yang kamu gunakan di atas sana bisa tahan terhadap cuaca, sehingga tidak mudah rusak, tidak mudah berkarat, dan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Untuk meminimalisir kerusakan furnitur, kamu juga bisa memberikan atap pelindung untuk melindunginya dari sinar matahari langsung atau juga hujan. 

Berikut ini adalah jenis bahan terbaik yang bisa kamu jadikan referensi untuk membuat rooftop.

Bahan Material Terbaik Untuk Rooftop

material terbaik untuk rooftop

1. Bahan untuk atap rooftop

bahan atap rooftop

Untuk bagian atap, bahan yang direkomendasikan adalah atap jenis UPVC karena memiliki kualitas yang baik dan ideal untuk bahan atap. Atap UPVC juga memiliki karakteristik kokoh dan kuat sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Selain itu harga dari bahan ini lebih murah bila dibandingkan dengan jenis atap lainnya. Jenis atap UPVC juga bisa meredam panas dan suara. Sehingga kamu tidak akan kepanasan atau merasa berisik karena air hujan yang deras.

2. Bahan untuk lantai rooftop

bahan lantai rooftop

Untuk lantai rooftop, kamu direkomendasikan untuk menggunakan material dari kayu, yakni wood decking. Wood decking adalah lantai kayu yang khusus diperuntukkan penggunaannya untuk outdoor, termasuk untuk rooftop. Wood decking memiliki ketahanan dan kekuatan yang baik terhadap perubahan cuaca ekstrim. Wood decking menjadi bahan terbaik yang digunakan untuk rooftop bukan tanpa alasan, decking kayu memiliki tingkat pemuaian dan penyusutan yang rendah serta memiliki ketahanan terhadap serangan segala jenis rayap dan hama. 

Selain decking kayu, kamu juga bisa menggunakan beton dan batu alam untuk lantai rooftop. Beton memiliki kekuatan yang sangat baik sehingga kamu tidak perlu mengkhawatirkan ketahanannya, harganya juga murah, dan perawatannya mudah. Jika kamu ingin mendesain lantainya, cukup mengeluarkan uang tambahan yang tidak akan sebanyak jika kamu menggunakan material lantai lain. Namun kekurangan dari lantai beton adalah mudah kotor karena lumpur atau tanahnya yang becek dan permukaannya mungkin sangat keras untuk kakimu.

Sementara itu batu alam juga memiliki kelebihan yang hampir sama dengan beton. Batu alam menyediakan berbagai motif dan warna yang bisa kamu pilih sesuai selera. Kekurangan dari pemakaian batu alam sebagai lantai adalah menyerap cukup banyak air karena berpori serta permukaannya yang keras.


BLANTERLANDINGv101
Produk kami

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang