MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Ketahui Material Batako dari Jenis Hingga Harga Satuan

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Ketahui Material Batako dari Jenis Hingga Harga Satuan

Kamis, 18 April 2024

Material Batako dari Jenis Hingga Harga Satuan

Harga Batako - Saat proses pembangunan, terdapat banyak material yang digunakan untuk membangun pondasi dan dinding bangunan yang lebih kuat dan kokoh. 

Seperti penggunaan batako, dimana material ini sangat penting untuk sebuah dinding, hal ini dikarenakan batako termasuk material yang memiliki bobot yang ringan, dengan proses pembangunan yang cepat.

Sebab memiliki ukuran yang relatif lebih besar ketimbang batu pondasi lainnya. Ukuran Batako sendiri berkisar panjang 25-30 cm tebal 8-10 cm hingga tinggi 14-18 cm. 

Adapun informasi menariknya yang perlu diketahui, mengenai apa itu batako dan harga terbaru di kota bandung. Maka dari itu, ketahui berikut informasi menariknya :

Apa itu Batako 

Seperti yang dibahas diatas, batako merupakan batu pondasi yang sedikit beberda ketimbang material lainnya. Batako merupakan bata yang terbuat dari campura bahan perekat seperti hidrolis.

Dimana, perekat tersebut ditambah dengan agregat halus dan air, sehingga batako terbilang ringan. Biasanya, pengerajin batako menggunakan variasi bahan sekitar 75 % pasir, 20% semen dan 5% air.

Bahan tersebut tentunya dicetak sesuai kebutuhan, dengan ciri khas berwarna putih dan berongga sedikit. 

Rongga tersebut tentunya memiliki fungsi, dimana fungsinya sebagai isolasi panas, dingin, suara, instalasi listri, dan tentu saja sebagai peringan berat batako itu sendiri.  

Pada dasarnya, batako tersedia dengan 3 jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, tak melulu untuk dinding hunian, batako memiliki fungsi khusus untuk kebutuhan lainnya. 

Agar lebih mengenal jenis-jenis batako dan kualitasnya, berikut beberapa rangkuman informasi lengkapnya. Antara lain :

Harga Batako perpcs di Kota Bandung

Berikut adalah daftar harga berbagai jenis batako:
  • Batako Standar: Rp 2.450 per pcs
  • Batako Press Lock: Rp 2.100 per pcs
  • Batako Putih Elegan: Rp 3.600 per pcs
  • Batako Kualitas Premium: Rp 2.900 per pcs
  • Batako Hebel Ringan: Rp 745.000 per kubik
  • Batako Hitam Presisi: Rp 1.600 per pcs
  • Batako 3 Lubang Pres: Rp 1.050 per pcs
  • Batako Reguler 2 Lubang: Rp 3.900 per pcs
  • Batako Reguler 3 Lubang: Rp 3.700 per pcs
  • Batako Conblock Murni: Rp 4.500 per pcs
Harga batako diatas, pastinya bervariasi tergantung jenis, kualitas, dimensi dan pasar lokal. Maka dari itu, sebelum membeli batako di sini. 

Pastikan untuk mempertimbangkan dengan cara menanyakan stock atau informasi pemesanan lainya. Untuk info Pesan Batako di Bandung dan sekitarnya, segera hubungi nomor 0811 2075 500 (Hendi)

Jenis - Jenis Batako dan Kualitasnya

Ketahui berikut jenis batako dan kualitas hingga bahan pembuatannya, berikut diantaranya :

1. Batako Trass

Material Batako dari Jenis Hingga Harga Satuan

Jenis batako pertama yang perlu diketahui yaitu batako trass, dimana batako ini terbuat dari tanah yang diperoleh dari letupan batuan gunung berwarna, biasanya ciri khas dari batako ini berwarna putih atau putih kecoklatan. 

Dalam proses pembuatan batako trass, jenis ini dicampur dengan batu kapur dan air untuk membentuk campuran yang kemudian dicetak layaknya batako biasanya. 

Proses pembuatan trass hampir mirip dengan pembuatan bata merah, dimana campuran yang sudah disatukan, akan dilakukan proses pembakaran, agar bata satu ini lebih kering dan keras. 

Meskipun tampilan batako ini terlihat putih, namun istilah bata hebel, sebenernya lebih merujuk pad bata yang berbeda. Jadi, trass dan hebel tentunya sangat berbeda.

2. Batako Beton

Material Batako dari Jenis Hingga Harga Satuan

Batako beton menjadi salah satu jenis batako yang masih umum digunakan dalam kontruksi bangunan, dimana batako ini terbuat dari campuran semen portland (Pc) seperti pasir, air, dan elemen seperti kerikil dan batu pecah. 


Proses pembuatan batako beton tentunya melibatkan pencampuran semua bahan hingga membentuk adonan yang homogen. 

Kemduian, campuran bahan yang disediakan di bentuk yang disesuaikan dengan ukuran dan bentuk yang diindingkan. 

Terdapat 2 cara membentuk batako yang mudah. Seperti Teknik Manual, yang melibatkan pencetakan batako secara langsung oleh pekerja, dan menggunakan mesin. 

Dimana penggunaan mesin mampu memberikan bentuk dan tekstur yang sesuai dan selaras. Sehingga kamu bisa mendapatkan batako beton dengan banyak varitas ukuran yang beragam.

3. Batako semen

Material Batako dari Jenis Hingga Harga Satuan

Batako semen menjadi jenis terakhir yang bisa didapatkan di berbagai toko bangunan, dimana batako semin terbuat dari campura semen dan pasir, pembuatan batako semen melibatkan kedua bahan tersebut. 

Dimana, bahan tersebut dibentuk dan dicetak menggunakan mesin cetak tekanan tinggi. Salah satu ciri khas dari batako semen yaitu luas penampang lubang yang leih dari seperempat dari isi batanya.

Biasanya, batako semen memiliki 2 bahkan 3 lubang pada bagian sisinya, yang memiliki tujuan untuk diisi adukan pengikat atau spesi. 

Batako semenpun menjadi jenis yang memiliki ukuan lebih variatif ketimbang 2 jenis diatas, dimana panjangnya berkisar 36-40 cm, tinggi 18-20 cm, dengan tebal berkisar 8-10 cm. 

Ukuran tersebut pastinya, menjadi ukuran yang umum digunakan, apalagi pemilihan ukuran batako biasanya dipengaruhi oleh desain banguna, dimensi struktur, kebutuhan kekuatan dinding yang digunakan. 

Hal ini, tentunya penting untuk memperhatikan ukuran batako yang akan digunakan agar sesuai dengan rencana kontruksi dan dapat memastikan hasil bangunan yang lebih estetis.

Mungkin, diantaranya kalian kerap menanyakan beberapa pertanyaan, seperti apa bedanya batako dan batu bata dan apa saja kelebihan dari batako ketimbang batu bata. Berikut akan diulas secara singkat. Ketahui informasinya berikut : 

Apa Bedanya Batako dan Batu Bata ?

Perbedaan pertama yaitu, batu bata memiliki ukuran yang kecil sehingga membutuhkan volume yang lebih banyak dalam membangun sebuah dinding. 

Berbeda dengan batako yang terbuat dari pasir kasar dan semen, dimana ukurannyapun lebih besar. Sehingga hanya memerlukan 3:1 dari batu bata. Apa lagi, batako memiliki rongga yang diana tingkat keringnya lebih cepat.

Kelebihan Batako ketimbang Batu bata

Berikut beberapa daftar kelebihan batako ketimbang batu bata yang perlu diketahui, untuk mencari material pondasi yang tepat. Ketahui berikut :
  1. Batako memiliki ukuran yang bervariatif dengan proses pembuatan yang mudah
  2. Ukuran yang ditawarkan batako lebih besar ketimbang batu bata
  3. batakopun memiliki rongga sebagai isola udara, sehingga lebih sejuk.
  4. Proses pembentukan dengan mesin berteknologi, membuat batako memiliki ukuran yang seragam.
  5. Kemudahan pemotongan batako menjadi kelebihan yang penting, apalagi sebelum pemakaian tidak perlu direndam seperti bata pondasi lainya.
 Jadi, tertarik menggunakan batako?
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang