MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Kayu Manglid : Kualitas, Ciri khas, kelebihan dan Harga Perpapan

Bahas Tuntas Kayu Manglid dari Ciri Khas, Kualtias, hingga Harga Perpapan lebih…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Kayu Manglid : Kualitas, Ciri khas, kelebihan dan Harga Perpapan

Minggu, 02 April 2023

Kualitas Kayu Manglid

Kayu Manglid
- Kayu merupakan salah satu material yang banyak digunakan untuk kebutuhan kontruksi, di Indonesia sendiri, terdapat banyak jenis kayu yang dapat di digunakan, salah satunya Kayu Manglid. 

Kayu Manglid merupakan jenis kayu yang berasal dari pohon manglid, dimana pohon satu ini tersebar luas dibeberapa wilayah di jawab barat. Kayu Manglid dikenal luas dengan nama Kayu Baros, cempaka bulus, dan Kayu Jatuh. 

Manglid sendiri terkenal dengan ciri khas warnanya yang agak kekuningan, dimana warna tersebut akan terlihat setelah melalui proses pemotongan dan penghalusan. 

Walaupun tidak seterkenal kayu jati, ulin, merbau, kayu satu ini kerap diunggulkan untuk digunakan sebagai bahan dasar kusen, pintu, danjendela. Bahkan masih banyak manfaat yang bisa diunggulkan dari kayu satu ini, untuk lebih mengenal kayu manglid, dari ciri, manfaat, hingga kelebihannya. simak ulasannya berikut :

Fakta dan Ciri Manglid 

Fakta menariknya, pohon manglid hingga saat ini masih dibudidayakan dihutan rakyat jawa barat. ciri pohon manglidpun yakni memiliki tinggi mencapai 40m, dengan batang bebas sepanjang 25m dengan garis tengah 150cm. 

Kualitas Kayu Manglid

Pohon manglidpun memiliki batang yang lurus, Anda bisa menemukan pohon satu ini tumbuh subur diketinggian mencapai 900mdpl hingga 1700 mdpl, dibeberapa pergunungan dijawa barat.

Kayu manglidpun terkenal dengan struktur serat yang padat, halus, dengan bobot kayu yang ringan. Jika dibandingkan dengan jenis kayu lainnya, kayu manglid terlihat mengkilap dengan warna kekuningan.


Ciri dan kualitas kayu manglid diatas, diunggulkan untuk dijadikan beberapa manfaat pada beberapa kebutuhan, diantaranya yaitu :  

Manfaat Kayu Manglid 

Kualitas Kayu Manglid

  • Sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan kusen pintu, jendela, dengan keunggulan pada bobot yang ringan, visual mengkilap, dan serat yang halus, sehingga penggunaan kusen manglid memiliki daya tarik tinggi.

  • Memiliki sturktur yang padat, dengan tesktur halus dan bobot yang ringan, membuat penggunaan untuk bahan furniture sangat cocok, seperti pembuatan kursi tamu, kursi maka, dak tidur, hingga pembuatan furniture lainnya.

  • Manglidpun bisa digunakan untuk kebutuhan trap tangga dengan bobot trap yang lebih ringan, penggunaan tangga manglidpun mampu mengikis budget kontruksi.

Keunggulan Manglid untuk Manfaat Bangunan

Kualitas Kayu Manglid

Berikut beberapa keunggulan Manglid saat digunakan pada manfaat bagnunan diatas, Dibawah beberapa kelebihan yang bisa diketahui, diantaranya :

  1. Memiliki Keawetan Panjang : Keunggulan Manglid terdapat pada tingkat awet dikelas II, dimana keawetan tersebut mampu melindungi kayu dari paparan air, dan suhu lembab, sehingga penggunaan untuk kusen, perkakas bisa bertahan sampai puluhan tahun, kayu manglid pun mampu terhindar dari faktor pelapukan seperti angin dan hujan.

  2. Kayu Harum : Cempaka bulu atau Manglid memiliki keunggulan dari aromanya yang wangi, dimana aroma tersebut mampu menghindarkan dari serangan rayap yang dapat merusak material kayu

  3. Bobot Kayu ringan : Keunggulan lain pada kayu manglid yakni bobot kayunya yang ringan, sehingga lebih memudahkan dalam proses pembuatan beraneka kebutuhan seperti furniture, atau kebutuhan rumah lainnya.

  4. Permukaan Mengkilap : Jika dibandingkan dengan kayu lainnya, kayu manglid terlihat lebih menarik dari segi tampilan, sebab permukaannya yang tampak mengkilat, bahkan serat kayunya terasa lebih halus saat disetuh, sehingga lebih aman digunakan.

  5. Struktur yang padat : Jenis kayu dengan struktur yang padat mampu meningkatkan daya tahan furniture yang lebih baik, bahkan kayu akan lebih kuat, sehingga tidak mudah rusak.

Kekurangan Manglid yang Harus DiKetahui

Jenis Kayu Manglidpun terdapat beberapa kekurangan yang perlu diketahui, agar bisa menjadi pertimbangan saat menggunakannya. diantaranya : 

Tidak terlalu kuat terhadap rayap, sehingga memerlukan perawatan khusus, kayu manglidpun bisa dibilang kayu dengan kekuatan yang menengah.

Walaupun memiliki tampilan yang mengkilap, namun warna dan tekstur manglid sedikit biasa saja, atau terbilang flat, sehingga menampilakn produk yang relatif standar. 

Harga Kayu Manglid Perpapan

Seperti yang disinggung diatas, dimana Kayu manglid memiliki harga yang relatif lebih terjangkau ketimbang jenis kayu lainnya. Papan Manglid memiliki harga berksiar Rp57.000,- hingga Rp 80.000,- dengan ukuran 4x25x2 cm.

Daun pintu Berbahan dasar manglid dijual dengan kisaran Harga antara Rp 500.000,- hingga Rp 800.000,--. dengan faktor tertentu. 

Perbandingan Jati dan manglid dari segi Kualitas

Beberapa pembahasan diatas, kerap menyinggung perbandingan antara kayu jati dan manglid, namun diantara kedunya. Mana yang terbaik? 

  • Manglid dan Kayu jati tentunya memiliki perbedaan dari segi kualitas dan ciri, dimana Kayu jati lebih terkesan natural karena memiliki warna cokelat muda, cokelat tua, yang natural. Sehingga sangat cocok untuk kebutuhan furniture.
  • Kualtias Kayu jatipun relatif tinggi dengan kelas awet I, dimana kayu jati relatif lebih unggul ketimbang Manglid

  • Kayu Manglid terkesan lebih unggul dari segi harga, sehingga lebih ekonomis dipilih untuk beragam kalangan.
Itulah beberapa pembahasan mengenai pohon manglid dan kualitas kayunya
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang