MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

9 Fakta Kayu Rengas yang Harus diketahui! Ini Alasan Pentingnya..

Yuk, ketahui 9 Fakta Kayu Rengas sebelum menggunakannya.

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

9 Fakta Kayu Rengas yang Harus diketahui! Ini Alasan Pentingnya..

Selasa, 10 Januari 2023
kualitas Kayu rengas

Kayu Rengas
- Kayu merupakan material yang kerap dilibatkan atau digunakan dalam berbagai kebutuhan. Selain kontruksi, material kayupun kerap dipakai sebagai bahan dasar Kerajinan. Mengingat material kayu memiliki khas tersendiri dibanding material lainnya. 
Jenis kayu yang tersedia diIndonesiapun sangatlah beragam, bahkan beberapa jenis Kayu indonesia memiliki kualitas teratas dari segi kuat, awet, hingga ketahannya. 


Salah satu jenis kayu yang banyak dijumpai, dan dijadikan bahan dasar kontruksi yakni Kayu rengas. Dimana Kayu Rengas sendiri berasal dari Pohon yang tumbuhnya di area hujan tropis. 

Lokasinya tidak terlalu tinggi, yakni kurang dari 300 meter dipermukaan laut. Hal tersebutlah membuat Kayu Rengas menjadi kayu yang banyak tersedia dipasaran, sebelum tertarik menggunakan Kayu rengas, yuk ketahui fakta dan kualitasnya berikut : 

9 Fakta dan Kualitas Kayu Rengas

kualitas Kayu rengas

1. Asal Kayu 

Kayu Rengas sendiri berasal dari pohon yang masuk kedalam Anggota gluta, suku anarcafiacaeae, dimana kelompok pohon tersebut tumbuh subur dikawasan tropis indonesia. 

Menurut beberapa sumber, daerah kalimantan menjadi wilayah pertumbuhan terbesar. Tak hanya Indonesia, kamu bisa menemukan kayu rengas dibeberapa negara, seperti Malaysia, thailand, burma, hingga china. Bentuk ukuran rengas tergantung kondisi tanah serta suhunya.

2. Ukuran dan Bentuk

Ukuran pohon rengas mampu berkisar 40-50 meter, dengan bentuk batang yang bulat, dan lekukan dipangkalnya menjadi cirikhas pohon satu ini, apalagi pohon renas memiliki batang yang cukup besar.

Bahkan bisa mencapai 90 hingga 120 cm, dengan banir setinggi  4 meter. Bentuk daun rengas yang berbentuk spiral dan membentuk karangan, menjadi ciri yang mudah kamu jumpai. 

3. Serat dan Warna Kayu

Tak bisa dipungkiri jika Kayu rengas memiliki tampilan yang cantik, dimana warna kayu rengas lebih terang dengan warna cokelat merah darah hingga kekuningan. 

Serat garis gelap, menjadi nilai tampilan yang memukai, bahkan terkadang gubalnya berwarna merah jambu hingga putih.  Hal inilah membuat Kayu rengas makin disukai. 

4. Tekstur Kayu Rengas

Tekstur kayu rengas sedikit agak kasar, dan licit saat dirabat, hal tersebut disebabkan oleh kerapatannya yang mencapai 560 - 590 sedangkan berat teksturnya mencapai 870/m3 dengan kadar air sebesar 15%

5. Tingkat Kualitas

Memiliki keunggulan dalam dunia kontruksi, menjadi bukti kekuatan kayu rengas satu ini, mengapa tidak dimana kayu rengas masuk kedalam kayu kelas II

Dimana kelas II terdapat pada posisi kedua, dimana setiap jenis kayu kelas II, kuat terhadap rayap,  suhu udara, hingga awet dalam puluhan tahun. 

6. Tingkat Awet Kayu

Salah satu fakta menarik, dimana kayu rengas kerap dibandingkan dengan kayu merbau, dimana keduanya sama sama bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan outdoor. 


Namun, keawetan kayu rengas masih dibawah dari kayu merbau. Walaupun demikian, kayu rengas mudah sekali diawetkan, selain itu warnanya dihasikan dari getahnya, sehingga kesan natural lebih terlihat. 

Manfaat Kayu Rengas

kualitas Kayu rengas

Memiliki kualitas dan spesifikasi yang tinggi, membuat penggunaan kayu rengas makin banyak diunggulkan, beberapa manfaat kayu rengas memiliki harga yang tinggi, diantaranya : 
  • Bahan dasar Lantai  : Tampilan yang meratik dengan tingkat kuat yang berada di Kelas II, membuat penggunaan Lantai kayu rengas terlihat lebih mewah, elegant dan kuat untuk Jangka panjang

  • Bahan dasar Decking : Decking sendiri merupakan lantai outdoor yang memerlukan kualitas kayu yang tinggi, tak heran jika kayu rengas menjadi salah satunya, dimana kayu rengas, tidak mudah termakan rayap dan tahan berbagai cauca

  • Bahan Furniture : Meskipun tidak terlalu menjadi unggulan, namun pembuatan furniture dari kayu rengas, terkenal lebih mudah sebab tekstur kayu rengas yang mudah dibentuk. 

Manfaat Kebutuhan Kontruksi 

kualitas Kayu rengas

Agar tidak salah menggunakan kayu rengas sebagai bahan kontruksi, kamu perlu mengetahui beberapa hal yang cocok untuk digunakan sebagai bahan kontruksi, antara lain :
  • Bisa untuk Jembatan : Seperti disinggung diatas, dimana Kayu Rengas kuat terhadap area outdoor, sehingga kayu satu ini bisa digunakan sebagai jembatan yang lebih kokoh, dan indah.

  • Bisa untuk Dermaga : Kayu rengaspun bisa kamu gunakan untuk kebutuhan dermaga, hal tersebut dikarenakan kuat dan kokoh.

  • Bisa untuk Atap rumah : Tak hanya sebagai material pijakan outdoor, beberapa kontruksi kerap menggunakan kayu rengas sebagai material rangka atap rumah

Kelebihan dan Kekurangan

10 Fakta terakhir yang bisa kamu ketahui yakni mengenal kelebihan dan kekurangannya, pastinya dengan mengenal kekurangan dan kelebihan membuat kamu lebih yakin memilih material satu ini, diantar : 

Kelebihan 

  1. Tampilan kayu rengas menjadi daya tarik tersendiri sehingga menjadi kelebihan yang banyak disukai. 
  2. Beberapa perubahan kerap menjadi kekurangan, namun perubahan warna kayu rengas menjadi lebih gelap malah lebih menghasilkan tampilan yang cantik
  3. Mudah diawetkan, pastinya menjadi kelebihan yang menguntungkan, sehingga penggunaan kayu lebih lama lagi. 
  4. Dalam industri perkayuan, tingkat awet dari rengas berada diposisi atas, sehingga kelebihan ini menjadi daya tariknya

Kekurangan 

Dibalik fakta dan kelebihannya, terdapat kekurangan yang harus kamu ketahui, dimana Kayu satu ini tergolong kedalam kayu yang sulit dalam pengerjaannya. 

Walaupun mudah diawetkan. Sehingga  penggunaannya untuk furniture jarang digunakan, sekalinya digunakan memiliki harga yang tinggi. 

Getah dari kayu rengaspun mampu menyebabkan efek gatal, sehingga perlu kehati-hatian dalam mengolahnya, itulah beberapa informasi mengenai fakta dan kelebihannya. 

Kira-kira, tertarik menggunakannya? 
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang