MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Manfaat Kayu Gelam dari Bahan Kontruksi hingga Penahan Longsor

Mengenal Manfaat Kayu Gelam dan Kegunaan di Tahun 2023

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Manfaat Kayu Gelam dari Bahan Kontruksi hingga Penahan Longsor

Selasa, 13 Juni 2023
Kualitas kayu gelam

Manfaat Kayu Gelam -
 Terkenal dengan nama Dolken, yang merupakan jenis kayu yang dihasilkan dari pohon gelam yang memiliki rata-rata tinggi mencapai 12 meter. 

Pohon gelam sendiri memiliki ciri dari lapisan kulit pohon berwarna putih keabuan, serta pohon ini kerap dikenal sebagai kayu penghasil kayu putih. 

Permukaan kulit batangnya terlihat seperti terkelupas dan tidak beraturan. Pohon gelampun terkenal dengan bunganya yang menyerupai lonceng berwarna putih kekuningan. 

Manfaat Kayu dolken-pun menjadi daya tarik tersendiri, sehingga banyak para petani, menanam hingga menghasilkaan banyak manfaat, agar lebih mengenal kayu satu ini. Berikut informasi Lengkapnya :

Mengenal Kayu Gelam dan Manfaatnya

Berikut beberapa informasi menarik, mengenai kayu gelam berserta informasi lainnya. Antara lain :

Karakteristik Kayu Gelam

Salah satu karateristik dari kayu dolken atau  dikenal dengan kayu putih ini, yakni menduduki kelas II dari segi kekuatannya, kualitas inilah yang membuat kayu satu ini kerap digunakan sebagai bahan baku kontruksi bangunan.

Hanya saja, tingkat keawetan dari gelam tidak begitu panjang, sebab kayu ini termasuk kayu dengan tingkat awet III, sehingga penggunaannya tidak bertahan terllau lama. 

Namun, kamu bisa memperlama ketahananya dengan perawatan yang khusus. Apalagi, kayu satu ini tergolong kayu yang sulit diolah, sehingga membutuhkan keahian dan ketelitian. 

Hal inilah yang membuat kayu gelap, tidak direkomendasikan untuk penggunaan furniture atau lainnya. Namun, Manfaat kayu gelam  yang bisa digunakan, yakni sebagai material pagar, pondasi, dan sebagainya. 

Kelebihan Kayu Gelam

Kualitas kayu gelam

1. Nilai Jual tinggi

Walaupun memiliki tingkat keawetan yang rendah, tapi jenis kayu satu ini memiliki harga jual yang cukup tinggi lho, sehingga banyak penebangan liar secara besar-besaran.

2. Sifat tahan Air

walaupun tingkat keawetan yang rendah, namun kayu dolken atau kayu putih ini memiliki ketahanan yang baik terhadap air. 

Kualitas itulah yang disebabkan oleh sifat alamiah, dimana kayu gelam atau pohon gelam berasal dari daerah rawa-rawa. 

Hal inilah yang membuat kayu satu ini banyak dimanfaatkan pada bangunan jembatan atau bangunan yang rawan terkena air.

3. Kuat Rayap dan Jamur

Tak hanya ketahanan terhadap air yang tinggi, Kualitas kayunyapun terkenal sebagai kayu dengan ketahanan baik terhadap rayap dan jamur. 

Walaupun berada dikelas III dari segi keawetan, namun kayu gelam memiliki minyak alami yang terdapat pada batangnya, sehingga minyak tersebut mampu menghalau rayap dan jamur

4. Kokoh dan Kuat

Kayu ini menjadi material yang banyak dicari untuk kebutuhan pagar, dinding, dan kisi-kisi, dimana kayu satu ini terbukti dari tingkat kekuatannya yang berada dikelas II. 

Dimana kelas tersebut hampir sebanding dengan kayu jati, maka tak heran kekuatannya bisa diunggulkan. 

Untuk kamu yang masih bingung, mengenai manfaat dari kayu satu ini, berikut beberapa informasi menarik, sekitar manfaat dan kegunaannya

Manfaat Kayu Gelam dan Kegunaannya

Kualitas kayu gelam

1. Penyangga Bangunan atau pondasi

Terdapat Banyak Manfaat dari penggunaan Kayu satu ini, dimana kayu dolken atau gelam, bisa digunakan untuk menyangga bangunan ditanah gambut atau rawa. 

Terutama pada proses renovasi maupun proses pembangunan, tentunya dengan itu kayu ini bisa digunakan sebagai pondasi atau alternatif pengganti besi. 

Apalagi kualitas kayu gelam dapat bertahan terhadap air, sehingga memiliki struktur yang lebih kokoh.

2. Bahan Jembatan serta steger

Salah satu manfaat kayu gelam lainnya yakni digunakan sebagai bahan pengganti kontruksi beton ataupun steger, dimana diameternya berukuran kecil. 

Namun, ketika menggunakan kayu delam atau dolken sebagai steger tidak boleh asal-asalan, melainkan perlu memperhatikan ketepatan yang cermat dan standar


3. Penahan Longsor

Fakta menariknya, dimana  Manfaat kayu gelam lainnya dapat dijadikan sebagai penahan longsor yang efektif, dimana ketahanan dan kekokohan mampu menghadapi tekanan atau perpindahan tanah yang baik. 

Selain itu dolekn atau galampun berfungsi sebagai bahan dasar perahu serta arang aktif. Hal inilah membuat bukti bahwa dengan keawetan yang rendah, namun gelam masih bisa diahli fungsikan. 

Jadi, tertarik menggunakan kayu gelam? 

BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang