MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Seputar Kayu Akasia! Ketahui Asal, Jenis, dan Fakta Menariknya

Bahas Tuntas Kayu Akasia! Ternyata begini Fakta menariknya

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Seputar Kayu Akasia! Ketahui Asal, Jenis, dan Fakta Menariknya

Jumat, 28 Oktober 2022

kayu Akasia - Terdapat berbagai jenis Pohon yang tersebar di Indonesia, dengan kualitas kayunya yang terkenal hingga mancanegara. 

Pemanfaatan kayu yang beragam, kerap menjadi material unggulan bagi beberapa produk, salah satunya untuk kebutuhan furniture dan mebeul. 

kayu akasia

Salah satunya yaoti Kayu Akasia, mungkin jenis kayu satu kurang populer bagi masyarakat indonesia, namun tumbuh dengan ketinggan menapai 30 meter, membuat kayu ini terdapat berbagai keunggulan.

Kayu Akasia, memiliki tampilan yang modis, dengan balutan warna dan tekstur yang sangat cantik, untuk lebih mengenal kayu akasia, yuk ketahui beberapa informasi  menariknya berikut : 

Tentang Kayu Akasia 

Mengenal Kayu Akasia

kayu akasia

Sebelum mengenal manfaat, hingga kelebihan dari kayu satu ini. Kamu perlu mengenal, apa itu kayu akasia. Kayu akasia merupakan salah satu jenis semak semak besar yang berasal dari afrika. 

Walaupun dikenal sebagai semak-semak, namun pohon akasia memiliki tinggi mencapai 30 meter lho, posisi tumbuh yang berdekatan membuat pohon akasia seperti semak semak. 

Bentuk yang tinggi inilah yang membuat kayu akasia banyak digunakan sebagai bahan baku, salah satunya Mebeul dan Furniture. 

Karakter Pohon Akasia

Pohon akasia mudah ditemukan, dengan karakter yang cukup unik. Tekstur kulit pohon akasia terasa halus ketika di sentuh. Warna dari pohon akasia sendiri berwarna merah kecoklatan. 

Dengan postur pohon yang tegak dan cabang diujung pangkalnya. Memiliki bunga panjang berwarna kuning, tentunya menjadi ciri khas paling mudah untuk kamu yang penasaran dengan pohon satu ini.

Seperti yang disinggung diatas, pohon akasia mampu menghasilkan jenis kayu yang berkualitas, bagiaman dengan kualitasnya? Berikut informasinya : 

Karakteristik Kayu Akasia yang Populer

kayu akasia

Karakteristik kayu akasia sendiri memiliki warna yang cukup Unik, dengan warna krem dan berwarna coklat muda kehijauan. 

Warna akasia mampu menghasilkan produk dengan warna yang lebih kontras, cantik dan tentunya sangat eye-catching. 

Tak hanya dari warnanya, tekstur kayu akasiapun cukup menarik, serat halus yang terkesan natural pada permukaannya, mampu menawarkan produk yang elegant. 

Apalagi jika dilapisi dengan venner dan pernis, mungkin akan terkesan lebih sempurna. Hal inilah yang membuat kayu akasia, banyak diolah untuk berbagai Manfaat.

Kualitas Kayu Akasia 

Dari beberapa sumber, kayu akasia memiliki desitas substrat hingga 450-600kg/m3 pada MC, sehingga kayu ini cukup awet untuk kebutuhan furniture. 

Hal tersebut, dibuktikan dengan golongan kelas awet kayu akasia di kelas III, dimana kelas ini tahan terhadap kondisi cuaca nromal, namun tidak disarankan untuk kebutuhan outdoor. 

Untuk lebih, meningkatkan daya awetnya, kamu bisa menggunakan lapisan anti jamur, sebab kayu akasia masih mudah terserang jamur, atau serangga kayu. 

Jenis kayu mudah dibentuk, mungkin menjadi keunggulan pada kayu akasia. Sehingga para pengerajin kerapa menggunakan kayu satu ini. 


Apalagi serbuk gergaji hasil kayu akasia, mampu diolah untuk digunakan sebagai substrat atau pupuk Tumbuhan.

Kelebihan Kayu Akasia

kayu akasia
  • Warna Tekstur yang Cantik : Kelebihan pada kayu akasia, terdapat pada warna dan tampilnnya yang seperti kayu jati. Namun, dengan Harga yang lebih murah.

  • Mudah dibentuk : Kelebihan kayu akasia selanjutnya, terdapat pada postur kayunya yang mudah diolah atau dibentuk, cocok dijadikan bahan furniture.

  • Pohon Hias : Selain diolah sebagai bahan furntiure dan perabotan rumah, kayu akasia-pun mampu diolah menjadi pohon ornament atau pohon hias, namun jenis akasia yang digunakan berbeda.

  • Mudah ditemukan : Terserbar dibeberapa daerah di Indonesia, membuat kayu akasia mudah ditemukan diberbagai kota, tentunya dengan Harga yang bervariatif.

Jenis Kayu Akasia dan Manfaatnya 

kayu akasia

Seperti disinggung diatas, kayu akasia terbagi menjadi beberapa jenis yang bisa kamu temui di Indonesia, jenis tersebut memiliki manfaat tersendiri, antara lain :

  1. Akasia Mangnium : Jenis Akasia satu ini dimanfaatkan sebagai bahan baku perabotan rumah, dengan cabang dan rating yang digunakan sebagai bahan kayu bakar. 

  2. Akasia Daun lebar : Jenis akasia selanjutnya, kerap dimanfaatkan sebagai kayu energei, atau kayu bakar khusus pembakaran tinggi, sebab perakaran akasia yang dangkal.

  3. Acaica Crassicarpa : Jenis akasia satu ini, memiliki keunggulan diantara jenis diatas, sebab pemanfaatanya sebagai bahan baku kertas dan pulp. Bahkan tak jarang kerap digunakan sebagai bahan baku pembuatan kapal.

  4. Acacia Tementosa : Memiliki nama lokal kalmpis, jenis akasia ini banyak dimanfaatkan sebagai kebutuhan mebel, bahan kerajinan, sebab warna dan serat yang unik dan khas, serta keawet yang tinggi. Jenis inilah yang paling banyak digunakan.

Berbagai Manfaat Kayu Akasia 

kayu akasia

4 jenis diatas, memiliki kelebihan dan karakter yang berebda, namun ke4 jenis tersebut mampu dimanfaatkan, apa saja manfaatnya? 
  • Sebagai Bahan perabotan
  • Bahan Hiasa rumah unik
  • Campuran Parfum 
  • Sebagai bahan campuran obat-obatan
  • Bahan kontruksi rumah
  • Sebagai bahan Kertas, Bahan Pengemasan, hingga kardus
Jadi, Sudah tahu apa itu kayu akasia? 
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang