MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Begini kualitas Lantai Lapangan Voli sesuai Standar

Kira-kira Lantai Voli menggunakan material apa ya? untuk tau mana yang terbaik,…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Begini kualitas Lantai Lapangan Voli sesuai Standar

Senin, 26 Juni 2023

Lantai Lapangan Voli Indoor - Selain Badminton dan sepak bola, voli menjadi salah satu jenis olahraga terpopuler didunia. Di indonesia sendiri voli menduduki urutan ketiga sebagai olahraga bola yang paling populer. 

Olahraga seperti voli satu ini, terbagi menjadi 2 jenis lapangan atau permainan, yakni permainan indoor dan permainan outdoor, tentunya kedua jenis tersebut mempunyai sarana lapang yang berbeda. 

Material Lantai Voli Terbaik

Tentunya, material lantai lapangan outdoor dan indoor memiliki perbedaan dari bagian materialnya, terkhususnya untuk lapangan indoor, yang tidak semua jenis lantai bisa kamu gunakan. 

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas beberapa jenis lantai lapangan voli indoor yang biasa digunakan dibeberapa lapangan, untuk itu. Yuk, simak informasinya berikut : 

5 Jenis Material Lantai Lapangan Voli Indoor

Berikut, beberapa jenis material lantai yang biasa digunakan untuk kebutuhan lapangan voli indoor, diantaranya yaitu : 

1. Material Lantai Interlock ( Polypropylene )

Material Lantai Interlock

Material satu ini, kerap kamu temukan dibeberapa cabang olahraga indoor lainnya, seperti Futsal, badminton yang dimana material ini terbuat dari bahan Polypropylene yang memiliki tingkat daya tahan yang tinggi, 

Bahkan seiring berjalannya waktu, lantai interloctpun menjadi material populer untuk lantai lapangan voli indoor. Tak hanya memiliki ketahanan yang baik, melainkan lantai interlockpun terjamin tahan terhadap serangan rayap, seperti serangga, jamur bahkan bakteri sekaligus. 

Apalagi jika dilihat dari sisi tampilannya, lantai interlockt memiliki beragam variasi warna yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan lapangan, kamu bisa menemukan motif dan warna yang gelap hingga netral. 

Sehingga, kita tak perlu kesulitan untuk menyesuaikan konsep desain pada lapangan. 
Selain itu, lantai interlock pun dipilih sebagai material lantai lapangan indoor dikarenakan pemasangannya yang terbilang cukup mudah, dan bisa kamu aplikasikan secara mandiri. 

Material inipun dibekali dengan fitur Knock down, yang dimana pemasangannya kan lebih mudah dan tetap kuat dan rapat.

2. Lantai Parquet ( Kayu Indoor ) 

Lantai Parquet Kayu

Material selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan Lantai lapangan voli yaitu Parquet atau lantai kayu indoor. Material ini kerap hadir dibeberapa hunian dan bangunan, karena memiliki warna dan serat yang sangat cantik. 
 
Tak hanya memiliki tampilan yang estetik, material inipun memiliki ketahanan yang cukup baik, apalagi kamu bisa memilih tingkatan ketahanan tersebut, karena kayu terbagi menjadi beberapa kelas, dari kelas I,II, hingga III. 

Tentunya, jenis kayupun berbeda yang membuat kamu bisa dengan leluasa memilih kayu terbaik, biasanya jenis kayu yang banyak digunakan di area lantai lapangan , diantaranya kayu jati dan merbau. 


Salah satu keunggulan dari penggunaan material lantai kayu, yakni pada segi keamannya, hal ini dibuktikan dari peresmian sertefikat pada federasi olahraga yang dimana lantai kayu merupakan material terbaik yang cocok untuk lantai olahraga. 

Hal itu dikarenakan lantai kayu memiliki keamanan terbaik, dimana ketika seseorang terjatuh diatasnya maka tidak akan menimbulkan luka berlebih atau cidera parah, sehingga daya pantul dari lantai kayu cukup baik.

3. Lantai Vinyl ( Lantai Tempel ) 

Lantai Vinyl

Salah satu jenis lantai pilihan lainnya yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan lantai lapangan voli yakni Lantai vinyl, jika dilihat sekilas mungkin lantai vinyl terlihat seperti lantai parquet.

Namun, yang perlu kamu ketahui bahwa kedua produk tersebut sangatlah berbeda lho, hanya saja lantai vinyl memiliki beragam motif yang dimana salah satunya bermotif kayu. 

Lantai vinyl, atau lantai sintetis ini terbuat dari beberapa bahan pilihan yang dibentuk menyerupai beragam jenis, ada vinyl tile, vinyl keramik dan lain sebagainya. 

Salah satu keunggulannya terletak pada tingkat kuat dan daya tahannya yang sempurna dibandingkan lantai keramik biasa.

Hal ini dikarenakan karakteristiknya terbentuk dari bahan polyvinyl chloride yang dimana bahan tersebut bersifat lembut dan elastis.

Biasanya, lantai vinyl kerap menjadi alternatif pilihan pengganti lantai kayu, karena memiliki harga yang lebih murah serta pemasangannya yang tidak membutuhkan alat berat dan jasa pemasangan. 

4. Lantai SPC 

Lantai SPC
Material selanjutnya yakni SPC flooring atau Lantai SPC ( Stone Palstic Composite ) yang merupakan salah material lantai yang terbaut dari bahan kalsium karbonat, yang dimana bahan tersebut merupakan hasil campuran dari batu kapur, bubuk pvsc dan stabilizier. 

Menurut beberapa informasi, lantai SPC merupakan hasil pengemabangan pelapis Lantai LVT yang merupakan satu satu rekomendasi material lantai voli terbaik, selain lantai kayu dan Vinyl.

Hal ini dikarenakanLantai spc memiliki kualitas yang terbilang cukup baik, karena terbuat dari komponen kalsium karbonat yang membuat material ini sangat kuat dan tahan lebih lama dibandingkan lantai vinyl. 

Selain dari tingkat kuatnya yang baik, lantai lapangan voli spcpun memiliki tampilan menarik, dimana kamu bisa menggunakan beberapa motif lantai populer pada lantai SPC.

5. Lantai Polyurethane ( PU ) 

Lantai Polyurethane

Lantai lapangan voli terakhir yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan lapangan voli yakni, Lantai PU atau Polyurethane yang dimana lantai ini sering ditemukan dibeberapa lapangan ateletik, seeperti lintasan lari. 

Tapi, sering berjalannya waktu, jenis lantai ini kerap hadir dibeberapa lapangan olahraga indoor, salah satunya yaitu Lapangan Voli.

Bukan tanpa sebab, melainkan lantai Polyurethane ini memiliki ketahanan yang bagus dalam menahan beban berat. 

selain itu lantai PU pun memiliki tekstur yang halus dan mulus, yang membuatnya nyaman jika digunakan sebagai pijakan olahraga. 


Selain itu, Polyurethane ini memiliki lapisan yang tahan terhadap sinar UV, sehingga lantai ini sering dikenal dengan Lantai multifungsi, karena lantai Pu bisa digunakan diseluruh cabang olahraga, baik itu Voli, basket, futsal, lintasan lari, hingga sebagainya.

Jadi, kira-kira mana yang menurut kamu terbaik untuk lantai lapangan voli indoor? 
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang