MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Ketahui 3 Jenis Nat Keramik, Fungsi dan Tips Pemasangannya

Lantai keramik tentunya perlu menggunakan Nat, namun apa fungsi utama Nat untuk…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Ketahui 3 Jenis Nat Keramik, Fungsi dan Tips Pemasangannya

Jumat, 25 Februari 2022

Jenis Nat Keramik - Hampir semua hunian sudah atau pernah menggunakan ubin untuk menutupi bagian ruangannya. hal itu dikarenakan keramik ubin memiliki harga dan kualitas yang unggul. 

Jika berbicara soal ubin, penggunaan nat keramik tentunya tidak bisa dipisahkan, sebab nat memiliki peranan penting untuk menentukan kekuatan keramik secara umum.

Mengenal Fungsi Nat untuk Keramik

Apalagi nat keramik saat ini sudah mengalami perkembangan, dari segi warna hingga bahan yang digunakan. Mungkin dari tadi, kamu juga bertanya-tanya tentang, apa sih fungsi dari nat keramik itu sendiri? 

Nah, pada kesempatan kali ini, kami secara tidak sengaja akan membahas perihal Fungsi nat, secara menyeluruh. Maka dari itu, yuk simak ulasannya berikut : 

5 Fungsi Nat Keramik untuk Lantai

Mengenal Fungsi Nat

1. Memperkuat Rekatan Lantai 

Tentunya, penambahan nat pada lantai keramik bukan tanpa alasan, melainkan fungsi pertama dari Nat ialah untuk memperkuat bagian lantai keramik secara menyeluruh. 

Bahkan, dengan pengunaan bahan Nat berkualitas dan bagus, maka akan menambah tingkat rekatan pada keramik, dan keramikpun tidak akan mudah lepas. Untuk itu, kamu perlu menggunakan jenis nat terbaik. 

2. Mencegah Rembesan Air

Kemudian, dengan rakatan yang kuat pada Nat keramik, maka air yang mengalir diarea keramikpun akan sulit untuk masuk ke celah celah lantai keramik. 

Maka dari itu, fungsi lain dari nat keramik yaitu untuk mencegah adanya rembasan air pada Keramik yang dapat menyebabkan lantai licin, mudah pecah, ataupun jamur diselasah lantai. 

3. Menambah Kesan Estetik pada Lantai

Tidak hanya meningkatkan daya rekat, dan mencegah rembesan air pada lantai keramik, bahkan dengan penggunaan nat pada lantai maka, lantai kan lebih indah dan estetik. 


Terlebih warna yang bisa kamu gunakan, tidak hanya abu dan putih saja melainkan warna merah, cekelat, biru, hitam dan sebagainya. Untuk itu, kamu bisa memilih sesuai selera.

4. Mencegah Adanya serangga

Fungsi nat keramik yang terakhir ialah untuk mencegah masuknya banyak serangga yang dapat muncul dipermukaan keramik, bisa dibayangkan jika selesah keramik tidak terdapat nat, mungkin serangga akan berdiam diri disitu. 

Beberapa binatang yang bisa saja muncul dan bersarang antara lain, seperti cacing, undur-undur, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, nat perlu dibuat dengan bahan yang kuat dan warna yang optimal.

seperti yang sudah disinggung di fungsi pertama, bahwa kamu perlu menggunakan jenis nat yang berkualitas dan kuat, tapi sudah tahu jenis mana saja yang terbaik? yuk simak ulasannya berikut : 

Jenis Nat Keramik Paling Kuat

Jenis - Jenis Nat Keramik

Selain fungsi, ternyata nat keramik memiliki 3 jenis yang perlu kamu ketahui, jenis ini dibedakan berdasarkan cara pemasangannya, antara lainnya : 
  1. Open Joint, biasanya jenis ini dibuat lebih dari ukuran 3mm dan diaplikasikan untuk area lantai 2 agar keramik tidak mudah memuai dan menyusut.

  2. Closed Join, berbeda dengan Open joint, jenis satu ini diterapkan dengan ukuran nat tak lebih kecil dari 3mm, metode closed joint ini dipakai untuk keperluan dinding keramik, lantai yang memiliki tingkat porositnya yang rendah.

  3. Expansion Joint, jenis terakhir yaitu EJ ini memiliki fungsi untuk mencegah pergeseran struktur, penggeseran struktur biasanya karena lantai menggelembung hingga melendak.
Tentunya, penggunaan jenis diataspun perlu memerlukan pemasangan yang tepat, agar tidak menyebabkan lantai mengangkat dan sebagainya. Untuk itu, yuk ketahui cara pemasangan nat yang tepat, berikut : 

Tips Pemasangan Nat yang Aman dan Tepat

Cara Pasang Nat yang baik dan Benar



Pemasnagan Nat keramik bisa mendapatkan berbagai hasil yang baik, tergantung dengan 2 hal. Hal pertama yaitu pemasangan yang benar, hal kedua yaitu perlu menggunakan produk nat yang berkualitas.

1. Mengukur Ketebalan Nat keramik

Ketebalan Nat tentunya menentukan seberapa efektif pemasangan itu sendiri, jika untuk lantai sebaiknya kamu menggunakan nat keramik dengan ketebalan 3 mm saja, sementara untuk dinding, kamu bisa menambahkannya menjadi 5 mm.

2. Jarak keramik tidak Terlalu Jauh

Jarak antara keramik dan keramik lainnya, tidak perlu terlalu jauh, jarak antar keramik untuk dipasangi nat idealnya di 2 - 3 milimeter saja, dan menyesuaikan dengan ukuran keramik.

3. Tekan Nat saat mengisi Keramik

Tips saat pemasangan nat selanjutnya yaitu, kamu perlu menakan bagian nat yang akan diisi di pinggiran keramik. 

Hal ini dilakukan agar nat tidak meninggalkan rongga yang akan membuat genangan air yang membuat keramik menjadi licin. Kamu bisa menggunakan alat berjenis squaeege atau sendal bekas.

4. Permukaan Harus Kering

Sebelum kamu mengisi nat pada selasah keramik, maka pastikan area lantai atau dinding yang akan digunakan sudah kering, dan jika belum maka keringkan dengan lap maupun kain hingga kering. 

5. Bersihkan Nat setelah Terpasang

Setelah pemasangan nat dilakukan, maka akan membuat area lantai menjadi kotor, tentunya hal terakhir yang harus kamu lakukan yaitu membersihkannya, agar nat yang tertinggal tidak mengkerak dan membuat lantai keramik kurang estetik.

Tentunya, pemasangan nat mungkin cukup sulit untuk kamu lakukan, maka dari itu kamu perlu menggunakan jasa pemasangan yang profesional agar pemasangan menjadi lebih tepat, kuat, dan tentunya tahan lama. 

Namun, jika kamu menginginkan material lantai lebih cantik dan estetik, kamu bisa menggunakan material lantai lainnya, seperti lantai kayu, laminate, dan sebagainya. Untuk itu, pilihlah sesuai selera dan budget yang tersedia.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, tentunya kamu bisa mencari informasi lainnya mengenai interior dan ekterior di Rajawali Parket Indonesia. 

BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang