MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Yuk kenalan! Karakteristik Kayu Cendana dan Segudang manfaatnya

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Yuk kenalan! Karakteristik Kayu Cendana dan Segudang manfaatnya

Senin, 31 Januari 2022

Manfaat Kayu Cendana - Kayu Cendana merupakan salah satu komuditas Tanaman Andalah di Indonesia yang memilki harga jual yang cukup Tinggi.

Hal ini dikarenakan kayu cendana memiliki segudang manfaat dan kelebihan yang bisa Anda dapatkan. Apalagi, kayu cendana memiliki Karakteristik yang unik

manfaat kayu cendana

Tentunya, dengan karakteristik yang unggul dan unik, membuat material kayu ini sering digunakan untuk beberapa kebutuhan interior maupun furniture

Untuk Anda yang penasaran dengan material satu ini, yuk simak ulasan lengkapnya mengenai kayu Cendana serta manfaat terbaiknya, simak ulasannya : 

Kayu Cendana Penuh Manfaat

Pohon Cendana memiliki nama latin Satalum Album L atau kayu ini sering dikenal dengan nama Sandawood

Di indonesia itu sendiri, kayu cendana banyak dihasilkan di beberapa provinsi, seperti Nusa Tenggara timur, Kabupaten Maluku tenggara.

Namun, kali ini kayu cendana sudah banyak dihasilkan dibeberapa daerah seperti Jember, Gunung kidul, Sulawesi, Maluku, Sumba dan Daerah Lainnya. 

Keunikkan Kayu Cendana

Jika dari tadi kita menyinggung bahwa kayu ini memiliki keunikkan yang berbeda dari kayu lainnya, hal ini tentunya tepat. 

manfaat kayu cendana

Bukan tanpa alasan, melainkan Kayu cendara merupakan satu satu pohon yang memiliki wangi atau aroma yang dapat bertahan hingga berabad-abad. 

Hal inilah, yang membuat kayu Cendana sering dijadikan sebagai racikan minyak wangi, bahkan tidak jarang jika minyak wangi tersebut memiliki harga yang sangat mahal.
 
Apalagi, dengan keberadaan Kayu cendana yang semakin hari semakin jarang membuat kayu cendana masuk kedalam kayu termahal didunia. 

Minyak Kayu cendana

Tetunya dengan harga yang cukup tinggi ini, berasal dari minyak kayu cendana yang banyak manfaat, biasanya minyak atsiri terdapat pada berbagai bagian pohon cendana

Dibagian dalamnya, minyak astri terdapat 4-6% bagian ranting menyimpan 2-4%. sedangkan bagian luarnya mengandung santanol, santanil, asetat 3% dan hidrokarbon 5%

Tapi, jika dari tadi kita bahas mengenai karakteristik kayu dan manfaat minyaknya, apakah Anda tahu bagaimana ciri khas dari Kayu Cendana asli? 

Jika Anda penasaran dengan bentuk dan ciri khas dari kayu cendana, yuk kita sama-sama ketahui sifat dan ciri khasnya berikut : 

Ciri-Ciri kayu Cendana 

Ciri-ciri kayu cendana

Berikut beberapa ciri khas dari Kayu cendana yang bisa Anda ketahui, antara lain : 
  • Kayu Cendana Memiliki batang bulat, dengan warna batang berwarna kecokelatan dengan ukuran diameter 25-30 cm dan tingginya maksimal 11-15 meter.

  • Pohon cendana terdapat bunga dengan bentuk seperti payung garpu atau berbentuk seperti lonceng, biasanya bunga tersebut berwarna merah.

  •  Buah dari pohon cendana berbentuk seperti batu yaitu jorong kecig dan berwarna kehitaman

  • Bunga dan daun yang dihasilkan dari kayu cendana akan muncul ketika daun cendana sudah berumur 5 tahun

Tentunya tidak hanya 1 jenis saja yang ada di Indonesia, melainkan Anda bisa menemukan beberapa jenis pohon cendana dengan karakteristik yang berbeda, berikut informasinya : 

Jenis - Jenis Kayu Cendana

Jenis jenis kayu cendana

1. Kayu Cendana Putih 

Jenis Cendana ini dapat Anda temukan dibeberapa wilayah seperti NTT, tepatnya di Flores atau Panar,  Jenis cendana ini banyak dicari, karena memiliki wangi yang sangat harum.

2. Kayu Cendana Merah

Sedangkan cenda merah, merupakan jenis kayu yang kurang banyak dinikmati, karena aromanya tidak seharum cendana putih, bahkan harga kayu cendana merah terbilang lebih mahal dibanding cenda putih

Terdapat 2 jenis kayu cendana saja yang populer di indonesia, namun pada kenyataannya terdapat 29 jenis cendana yang ada, haya jenis tersebut hanya ada di negara india. 

Tentunya ketiga 2 jenis kayu tersebut memiliki beragam manfaat yang bisa Anda gunakan, sudah tahu apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya : 

Manfaat Kayu Cendana untuk Sehari-hari

manfaat kayu cendana

1. Bahan Baku kerajinan Tangan

Manfaat pertama yang bisa Anda gunakan dengan kayu cendana yaitu, kayu ini dapat digunakan sebagai bahan baku souvenir, hal ini dikarenakan harga jualnya yang tinggi. serta kayunya yang mudah dibentuk

2. Sebagai Produk Kecantikan

Manfaat selanjutnya yaitu, minyak kayu cendana dipercaya dapat berguna untuk menghilangkan noda hitam, jerawat hingga komedo. Hal inilah yang memuat kayu cenda sering dijadikan bahan produk kecantikan


3. Bahan Baku Furniture Kayu

Manfaat selanjutnya yaitu, kayu cendana sering dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan mebel atau furniture, banyak sekali furniture yang terbuat dari kayu cendana, seperti kusen, pintu, meja dan sebagainya

4. Obat Herbal Kesehatan

Tidak hanya digunakan sebagai furniture dan souvenir saja, melainkan kayu cendana ahli dalam khasiat kesehatan, beberapa penyakit dapat disembuhkannya seperti disentri, pencernaan dan anti peradangan

Jadi, bagaimana? tertarik menggunakan Kayu Cendana? 

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, tentunya untuk kebutuhan interior dan eksterior kami sarankan untuk menggunakan jenis kayu lainnya, seperti Ulin, Jati merbau dan sebagainya. 

Terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, tentunya Anda dapat mencari material kayunya untuk beragam kebutuhan, tentunya hanya di Rajawali parket indonesia
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang