MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Pengertian Lantai, Definisi Lantai serta Fungsi dan jenis Terbaiknya

Bingung Apa yang dimaksud dengan lantai ? dan jenis lantai mana yang harus digu…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Pengertian Lantai, Definisi Lantai serta Fungsi dan jenis Terbaiknya

Selasa, 11 Januari 2022

Seputar Lantai - Tentunya Bisa dipastikan bahwa sebagian besar rumah kita terdapat lantai sebagai material Pijakan. Ya tentunya lantai menjadi salah satu bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah Rumah.

hal tersebut dikarenakan Lantai menjadi material akhir yang diaplikasi untuk menutupi struktur lantai dasar dengan membangun karakteristik rumah itu sendiri. 

Jenis lantai terbaik Untuk Hunian

Terlebih lantai dapat memberikan kenyamanan maksimal saat berpijak diatasnya. Namun kira-kira, apa definisi lantai sesungguhanya? dan Jenis apa saja yang bisa digunakan? 

Maka dari itu, kami disini akan memberikan beberapa informasi lengkap mengenai pengertian lantai dan defisini lantai itu sendiri, dan Anda bisa mengetahui beragam jenis lantai yang bisa Anda gunakan, untuk itu simak informasinya berikut : 

Sekilas Tentang Lantai 

Pengertian Lantai itu sendiri merupakan bagian Bangunan yang beruapa suatu ulasan yang dibatasi dinding sebagai tempat dilakukannya aktivitas sesuai fungsi Bangunan.

Atau sederhananya, lantai atau ubin berarti sebuah bagian ruang yang membentuk permukaan dengan penutup yang lebih rendah serta bagian area untuk seseorang berakitifatas seperti berjalan dan sebagainya. 

Fungsi Lantai atau Area Pijakan

Tentunya, lantai memiliki fungsi lain untuk sebuah ruangan, tidak hanya sebagai area pijakan saja melainkan banyak fungsi yang berguna untuk para penghuni dan menompang fungsi bangunan, apa saja?

Berikut fungsi lantai pada sebuah Bangunan :
  • Lantai menjadi pemisah ruangan secara mendatar, hampir mirip dengan fungsi dinding namun berbeda bentuk.

  • Fungsi lain lantai yaitu untuk mendukung peningkatan kekakuan bangunan, terutama pada bangunan berlantai banyak.

  • Tidak hanya itu, lantai berfungsi seagai isolator terhadap pertukaran suhu sehingga dapat mencegah suhu ekstrim keluar masuk bangunan. 

  • Lantai dapat mencegah masuknya air tanah kedalam bangunan, untuk itulah penggunaan material yang tepat menjadi point penting untuk sebauh Hunian

  • Berfungsi sebagai penyokong Aktivitas yang beralngsung diatasnya, dan memberikan rasa kenyaman dan keamanan untuk mencakup aktivatias ruangan
Jika diatas menyinggung perlu menggunakan material yang tepat untuk lantai hunian, kira-kira bagaimana cara mengenal ciri-ciri lantai yang bagus? untuk itu simak informasi berikut : 

Ciri - Ciri Lantai Hunian Yang Bagus

Berikut beberapa ciri - ciri lantai hunian yang bagus untuk Anda jadikan Patokan ketika mencari material lantai Untuk Hunian. 
  • Memiliki Tingkat kuat yang Bagik untuk mendukung Bebas yang berkerja diatasnya
  • Mempunyai berat yang ideal agar dapat meredam suara dan getaran dengan Baik
  • Memiliki durabilitas yang panjang, tentunya agar lantai dapat bertahan hingga jangka panjang
  • Mencari material lantai dengan perawatannya yang Mudah dan Tentunya Tidak mudah rusak
  • Memiliki proritas yang cukup untuk menjadi pertukaran suhu dan kelembaban.
Tentunya, ketika Anda sudah mengenal ciri lantai yang bagus untuk hunian, selanjutnya yuk kita pelajari jenis - jenis lantai untuk hunian, dan mencari mana yang terbaik untuk Rumah Anda. Berikut informasinya : 

Jenis - Jenis Material Lantai Terbaik

Tentunya Setiap karakateristik dari Lantai sangatlah beragam, untuk itu yuk simak apa saja Lantai terbaik Untuk hunian, berikut penjelasannya : 

1. Lantai keramik

Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan jenis Lantai satu ini bukan? Hal ini dikarenakan sebagai besar rumah di indonesia menggunakan Lantai berbahan dasar Keramik. 

lantai keramik, jenis lantai terbaik

Lantai keramik itu sendiri memiliki fleksibelitas dalam pemakaian yang tinggi, serta dapat diaplikasi untuk seluruh kebutuhan area Rumah.


Terlebih Lantai kermaik memiliki tingkat kekokohan yang baik, serta tidak membutuhkan proses pemolesan dan mudah dalam perawatan, tidak cuman itu harga lantai keramik cukup terjangkau.

2. Lantai Plester

Lantai terbaik berikutnya yaitu Lantai plester, memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa lantai plester merupakan lantai paling sederhana serta sangat terjangkau dalam segi biaya. 

Mengenal Lantai plester

Mengingat, lantai plester memiliki proses pengerajaannya yang tidak jauh berbeda dengan proses pengerjaan plester dinding yang diaci hingga halus. Meski demikian, terdapat perbedaan dalam pengerjaannya.

Lantai plester ini memiliki kelebihan dalam tampilannya yang sederhana, serta tidak memerlukan bahan yang rumit, terlebih warna yang industrial yang lekat membuat hunian semakin elegant.

3. Lantai Marmer

Jika Anda menginginkan material yang dapat menonjolkan sisi kemewahan, maka penggunaan lantai marmer ini sangatlah tepat. Sebab, lantai marmer memiliki kulauan bening yang menciptakan nuansa mewah dan elegant.

Mengenal Lantai marmer Hunian

Lantai marmer pun memiliki tampilan dengan tekstur dan pola tak berarturan, dengan tampilan ini membuat lantai marmer lebih mahal diantara jenis lantai lainnya. Hal inipun dikarenakan bahan marmer sangat terbatas. 

Sleain menonjolkan sisi mewah dan elegant untuk Rumah, lantai marmer sudah terbukti kuat dan tahan lama lho, namun lantai marmer memiliki kelemahan yang jarang diketahui, yakni memiliki ori yang relatif besar. 

4. Lantai Granit

Jenis Lantai terbaik untuk hunian lainya yaitu lantai granit, lantai ini termasuk kedalam golongan lantai kelas atas, penggunaan lantai granit dapat menghadirkan nuansa mewah dan elegant pada rumah. 

Mengenal Lantai Granit

Selain itu, lantai granit juga terbukti sangat kokoh dan tahan lama, bahkan dengena perkemabgnan teknologi membuat kayu granit memiliki motif yang beragam serta harga yang lebih murah.

5. Lantai Kayu Solid

Jika Anda mencari lantai yang kuat, indah dan tahan lama, Anda bisa menggunakan lantai kayu sebagai alternatif pilihannya. Lantai kayu atau dikenal dengan Parquet merupakan lantai yang terbuat dari kayu solid. 

Mengenal Lantai Kayu Solid

Tidak hanya dikenal dengan Kualitas lantainya yang sempurna, lantai kayupun terbukti kokoh sehingga anda bisa menggunakannya dalam waktu yang cukup lama, bahkan berpuluh tahun lamanya.


Terlebih jika Anda memberi perawatan yang tepat, dimana daya tahannya isa mencapai ratusan tahun lho. Bahkan, Anda bisa menggunakan 2 jenis produk parket kayu. Yakni indoor dan outdoor.

Lalu, lantai mana yang terbaik? Jika Anda mencari lantai terbaik, kami akan memberikan ulasan mengenai lantai terbaik menurut, warna, kualitas, dan harga. Berikut uraiannya : 

Mana Jenis Lantai Terbaik Untuk Rumah?

Berikut beberapa uraian mengenai jenis lantai terbaik menurut beberapa aspek yang bisa anda jadikan patokan, untuk itu simak penjelasannya : 

  1. Warna Lantai paling bagus, Jika Anda mencari warna, kami sarankan untuk memilih lantai kayu, marmer dan granit karena memiliki warna yang unik, namun jika Anda menyukai warna yang minimalis, anda bisa memilih lantai plester.

  2. Lantai Paling kuat dan awet, Jika Anda mencari lantai perihal kekuatan dan keawetannya, maka kami sarankan untuk memiliki lantai marmer, granit atau lantai kayu untuk waktu yang panjang.

  3. Material Lantai yang mengejukan Rumah, jika hunian Anda diarea yang beriklim panas, maka penggunaan lantai kayu dan granit dan marmer menjadi jawaban yang tepat, hal ini dikarenakan material yang terbuat dari alam dapat menetralisri suhu ruangan.

  4. Jenis Lantai Paling murah, tentunya ada harga ada kualitas, namun jika Anda mencari lantai dengan budget yang minim, maka Anda bisa memilih lantai plester atau lantai kayu buatan seperti Laminate atau vinyl.
Tentunya, setiap jenis material lantai memiliki kualitas dan kebutuhannya yang berbeda beda untuk itulah Anda perlu teliti dalam pemilihan lantai yang tepat agar dapat bertahan dan memberikan kenyaman yang baik untuk Hunian Anda. 

Jadi, jenis lantai mana yang akan Anda gunakan? 

Demikianlah informasi yang kami sampaikan, tentunya pilihlah lantai terbaik untuk hunian dengan aspek tertentu. Terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas.
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang