MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

6 Karakteristik Kayu Maple yang Jarang Orang Tahu! Kenali Disini

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

6 Karakteristik Kayu Maple yang Jarang Orang Tahu! Kenali Disini

Jumat, 28 Januari 2022
Kayu Maple - Salah satu cara membuat Hunian menjadi lebih menarik yaitu dengan penambahan furniture di selasah ujung Ruang hunian. 

Tentunya, penggunaan furniture bermaterial kayu menjadi jawaban utama, jika ditanya furniture mana yang terbaik untuk Hunian. 

Karakteirstik Kayu Maple

Terlebih jika furniture yang digunakan berbahan dasar Kayu, yang dapat memberikan visual lebih untuk hunian, Hal ini disebabkan oleh warna dan serat kayu yang naturalis. 

Namun kira-kira jika ditanya jenis kayu mana yang terbaik? jenis mana yang akan Anda sebutkan? ya, kayu itu ialah Kayu Maple. Kenapa demikian? yuk simak ulasannya : 

Mengenal Kayu Maple

Untuk Anda yang belum mengenal kayu Maple, kayu ini berasal dari Pohon maple atau dikenal dengan  Acer rubrum.  

Pada mulanya, pohon ini hanya dapat ditemukan didataran Amerika saja, namun kali ini Anda bisa menemukannya diberbagai negara termasuk Indonesia. 

Pohon Kayu Maple

Pohon maple pada umumnya tumbuh secara alami dengan tinggi batangnya mencapai 10 hingga 45 meter, akan tetapi ada juga pohon maple yang memiliki tinggi hanya 10 meter saja.

Warna daun Maple

Pohon maple pun memiliki warna daun yang dapat berubah warna sesuai dengan musimnya, variasi warna tersebut seperti Hijau, kuning, hingga coklat merah. 

Warna daun maple

Tidak hanya memiliki daun dengan warna yang cantik saja, melainkan pohon maple menghasilkan kayu yang memiliki karakteristik unggul untuk beragam manfaat. 


Manfaat tersebut, tentunya bisa Anda gunakan beberapa kebutuhan seperti material furniture, bangunan, dan sebagainya. Kira-kira bagaimana karakteristiknya? berikut informasinya : 

Karakteristik Kayu Maple 

karakteristik kayu maple

Jika Anda penasaran dengan karakteristik dari Kayu Maple satu ini, yuk simak beberapa uraiannya berikut : 

1. Beragam Warna dari Kayu Maple

karakteristik pertama dari kayu maple ialah, kayu ini memiliki beragam warna yang unik, seperti yang sudah disebutkan bahwa warna ini tergantung usia dan lokasi.

Anda bisa menggunakan beberapa variasi warna dari Kayu maple, seperti warna cokelat muda, cokelat gelap, putih kecoklatan, cokelat Tua. 

Tentunya, dengan warna yang beragam ini, dapat menguntungkan Anda dalam memilih warna mana yang tepat dan bernilai tinggi untuk kebutuhan Furniture.

2. Tekstur kayu Yang Halus

Tidak hanya sebatas warna yang beragam saja, melainkan kayu maple ini memiliki tekstur kayu yang terbilang Halus, bahkan kayu ini memiliki guratan serat yang natural. 

Tekstur dari Kayu maple satu ini, tentunya sering dimanfaatkan sebagai bahan furniture, seperti Meja, Lemari, hingga lainnya, karena sangat cocok untuk kebutuhan tersebut. 

3. Tingkat Keras yang Beragam

Bahkan, kayu maple memiliki tingkatan keras yang berbeda-beda, untuk kayu maple yang keras, memiliki ukuran tingkat keras lebih dari 6000newton, untuk kayu lunaknya hanya sekitar 4000 newton

4. Jenis Kayu mudah di Olah

Karakteristik dari kayu maple selanjutnya ialah, kayu ini merupakan jenis kayu yang mudah untuk di olah, karena memiliki tingkatan keras yang lebi rendah. 


Adapun cara lain untuk membentuknya, yaitu dengan cara di bakar dan dibentuk layaknya besi, bahkan setelah dibentukpun, kualitas kayu maple tetap stabil

5. Kayu Anti Lembab

Kayu Maple, memiliki karakteristik kayu yang berbeda dari kayu lainnya, yaitu kayu ini anti lembab, sehingga bisa digunakan sebagai furntiure seperti lemari pakaian. 

Selain itu, karakter kayu yang anti lembab ini, dapat membuat produk furniture bertahan hingga puluhan tahun. 

6. Jenis Kayu Ekonomis

Meski menjadi salah satu jenis kayu yang memiliki karakteristik yang unggul, kayu maple dijual dengan harga yang cukup ekonomis lho.

Hal inilah yang membuat kayu maple sering dijadikan alternatif kayu untuk pembuatan berbagai macam perabot, untuk menggantikan kayu ceri yang memilki harga lebih mahal. 

Bagaimana sudah mengenal kayu maple? namun kira-kira dengan karakter seperti itu apa kayu ini hanya digunaan untuk furniture saja? 

Tentunya, kayu maple tidak hanya digunakan sebagai material furniture saja, melainkan kayu maple dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya, berikut informasinya : 

Manfaat Kayu Maple selain Furniture

Manfaat kayu maple



Tidak hanya digunakan sebagai bahan furniture saja, melainkan pohon maple sering dimanfaatkan untuk minuman lho, berikut informasinya : 

1. Material Lantai basket ( Rekomendasi NBA )

Manfaat pertama dari penggunaan Kayu maple ialah, kayu ini memiliki tingkat kerapatan yang unggul serta daya pantul yang baik.

Sehingga kayu maple sering direkomendasikan untuk Kebutuhan Lantai olahraga, salah satunya sebagai material lantai Basket.

Bahkan beberapa forum NBA merekomendasikan kayu maple untuk kebutuhan lantai lapangan, namun kita tahu bahwa kayu maple sangat jarang di Indonesia. 

Tapi, jangan khawatir karena Anda bisa menggunakan alternatif lainnya untuk lapangan Basketball, yaitu dengan Kayu Jati Grade A/B.

2. Manfaat Getah maple untuk Sirup

Siapa yang tidak percaya dengan manfaat satu ini, yap. Kayu maple memiliki getah yang berasa manis, maka dari itu biasanya getah dari kayu maple sering dijadikan minuman segar. 

Tapi, Anda perlu berhati-hati dengan getah ini, karena Ada 2 jenis kayu yang berbeda, karena salah satunya malah beracun. Untuk itu, berhati-hati.

3. Sebagai Bahan Skateboard

Seperti yang sudah disinggung diatas, bahwa kayu maple memiliki tingkatan kayu yang cukup keras, dengan karakter itulah Kayu ini sering dimanfaatkan sebagi bahan Skateboard. 

Bahkan, dengan menggunakan skateboard berbahan kayu maple, maka warna dari skateboard tersebut akan semakin menarik, bahkan kualitasnya tidak perlu di Khawatirkan lagi. 

Bagiamana? Tertarik menggunakan Kayu satu ini? 

Pastikan Anda memilih material yang tepat, agar kebutuhan yang Anda inginkan akan terencana dengan baik, tentunya dapat bertahan hingga jangka waktu yang lama.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, tentunya anda dapat mencari informasi kayu lainnya, hanya di Rajawaliparket.com
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang