MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Apa itu Plamir dinding? Ketahui Kegunaan dan Cara Plamir yang tepat

Apa itu plamir?Singkatnya plamir merupakan cara atau material plapis dinding ya…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Apa itu Plamir dinding? Ketahui Kegunaan dan Cara Plamir yang tepat

Rabu, 15 Desember 2021

Apa itu Plamir Dinding? - Banyaknya para pemilik hunian yang beraggapan bahwa menggunakan cat secara langsung saja sudah cukup untuk mendapatkan hasil warna Dinding yang sempurna dan indah. 

Namun pada kenyataannya untuk membuat dinding rapih dan cantik memerlukan lebih dari sekedar cat yang berkualitas, hal ini tentunya bisa Anda lakukan dengan cara diplamir terlebih dahulu. 

Sudah tahu apa itu plamir?Singkatnya plamir merupakan cara atau material plapis dinding yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas warna pada proses pengecattan. 

apa itu plamir

Tentunya, tidak hanya sebatas menignkatkan kualitas saja, melainkan plamir memiliki alih fungsi lain untuk permukaan dinding, sudah tahu apa saja fungsi plamir?

Maka dari itu, jika Anda penasaran mengenai plamir tembok, serta fungsi dan produk plamir mana yang paling bagus, kami akan memberikan beberapa informasi terkait, untuk itu simak penjelasannya berikut : 

Apa itu Plamir Tembok? 

Sebelum Anda mengenal manfaat dari plamir, Anda perlu mengetahui apa itu plamir, Plamir merupakan suatu proses pelapisan tembok yang menggunakan material dari bahan khusus. 

Plamir dinding ini merupakan aktivitas kontruksi yang bertujuan untuk meratakan tembok sebelum proses pengecatan, aktvitas ini agar dinding ketika proses pengecatan terlihat lebih rapih dan mudah dalam perataannya.

Bahan Plamir tembok

Seperti bahasan awal, bahwa plamir menggunakan bahan khusus, bahan plamir tersebut melingkupi cairan putih. 

apa itu plamir

Cairan putih tersebut terdiiri dari kalsium, air maupun lem, namun Anda bisa mendapatkan bahan plamir instan di toko bangunan didekat rumah Anda.


Setelah Anda mengenap apa itu plamir, yuk kita ketahui beberapa fungsi plamir untuk tembok. Berikut uraiannya : 

Mengenal Kegunaan Plamir untuk Tembok

Jika Anda mencari cara agar dinding menjadi lebih cerah dan indah, plamir bisa menjadi opsi pilihan. Karena plamir memiliki beberapa keunggulan tersebut, untuk itu yuk simak kegunaannya berikut : 

  • Cara menutup Pori dan Celah dinding
Fungsi plamir pertama yaitu untuk menutupi pori atau celah, meratakan Plester pada dinding bangunan baru, Dengan plamir permukaan tembok menjadi lebih rata, halus dan tentunya siap untuk dilakukan pengecattan.
  • Lapisan Warna Tembok Utama
Warna asli tembok yang abu kecoklatan tidak merata tentunya akan mempengaruhi warna cat untuk itu Tanpa Plamir, kemungkinan besar cat Anda akan lebih gelap dan kusam, untuk itu plamir sangat berpengaruh dalam perataan warna.
  • Cara membuat cat terlihat Bagus
Plamir memiliki fungsi untuk membuat warna cat tembok telrihat indah karena stain atau cat waran tidak langsung beradapan dengan dinding yang warnanya berbayang, untuk itu plamir sangat berpengaruh besar pada Warna dinding

  • Tips cat tahan lama
Selain membuat halus dan meratakan warna, ternyata palmir juga bermfaat untuk memperkuat lapisan finishing pada cat, sehingga hasil dari pelapisan warna tersebut memiliki durabilitas waktu yang panjang atau membuat cat menjadi tahan lama.

Tentunya, untuk hasil yang sempurna memerlukan tahapan proses plamirnya tersebut, untuk itu jika Anda berminat untuk melapisi tembok dengan plamir, Anda perlu mengikuti lanngkah cara plamir yang tepat, berikut informasinya : 

Cara Plamir tembok Cepat dan Tepat

Berikut beberapa tahapan cara plamir tembok yang baik dan tepat, agar dinding yang Akan Anda gunakan tampil lebih rapih dan tahan lama, berikut uraiannya :

1. Siapkan Bahan Plamir Dinding

Pertama, campurkan beberapa bahan seperti 1,5 kg pengeras semen, dengan air 20 liter, total bahan ini mengikuti ukuran dinding rumah Anda. 

Setelah dicampurkan, aduk merata dan tambahkan 2 kg kalsium dengan 1 kg lem, setelah itu aduk hingga merata agar pada proses plamir tidak ada bekas atau bahan yang tidak terurai.

2. Bersihkan permukaan Dinding

apa itu plamir dinding

Kedua, proses membersihkan dinding satu ini sangat penting, agar pada proses plamir dinding kotoran seperti debu dan lainnya, tidak menempel dipermukaan plamir. 

Proses membersihkan dinding ini bisa Anda gunakan beberapa alat seperti amplas halus, serokan besi, atau cairan khusus untuk membersihkan dinding secara instan. Bagimana sudah? 

Setelah kedua proses awalan dilakukan, selanjutnya yaitu porses plamir tembok itu sendiri, untuk itu ikuti tahapan plamir berikutnya : 

Langkah - Langkah plamir tembok yang benar

  1. Siapkan bahan, siapkah wadah khusus untuk menyimpan bahan plamir yang sudah disiapkan, wadah tersebut seperti baskom, ember atau wadah yang memiliki ukuran yang cukup besar.

  2. Siapkan Alat bantu, siapkan beberapa alat untuk mempermudah pengolesan plamir alat tersebut seperti tape, atau benda yang memiliki ujung tumpul dan tipis.

  3. Olesan Plamir ke tembok, proses selajtunya Anda bisa mengoleskan bahan plamir menggunakan alat tape dengan pola pelapisan dari ata kebawah agar hasil lapisan rata dan halus

  4. Cek plamir kembali, setelah proses plamir dilakukan pastikan area pori-pori dan lubang pada dinding sudah tertutup merata agar pada proses pengecetan tidak mebekas.

  5. Keringkan, setelah dirasa plamir sudah terlapisi merata langkah selanjutnya diamkan agar plamir dinding hingga merata. 
Berapa lama Plamir kering? 

3. Waktu pengeringan Plamir

Setelah proses plamir selesai, Anda perlu menununggu plamir dinding hingga kering, biasanya agar plamir kuat dan menempel dengan sempurna, waktu yang harus Anda tunggu sekitar 24 jam lamanya, atau semakin lama semakin sempurna. 

Sesudah plamir kering secara merata, langkah selanjutnya sebelum pengecepatan yaitu menghaluskan plamir dengan hamplas halus, sudah tahu cara menghamplas yang benar? berikut informasinya : 

4. Cara Amplas dinding yang Benar 

cara amplas dinding

Berikut tahapan cara amplas dinding yang benar setelah pelapisan Plamir, ikut tahapannya berikut : 

  • Siapkan Amplas halus ( Nomer 03) penggunaan amplas halus ini agar permukaan dinding plamir semakin halus dan jangan menggunakan Amplas kasar. 

  • Gosokkan amplas tersebut di area dinding secara keseluruhan, tentunya gosokan amplas tersebut secara perlahan agar tekstur dinding tidak rusak.

  • Pastikan area dinding yang sudah dihamplas sudah merata, dan jangan sisakan bekas plamir agar proses pengecatan tidak menggumpal.
5. Tahap akhir plamir tembok

Tahap akhir yang perlu Anda perhatikan ialah Anda perlu memastikan kembali apakah proses plamir dinding tersebut sudah rata atau belum.

proses pengecekkan yang berulang akan mewujudkan hasil dari pengecetan dinding yang lebih rapih dan tentunya agar jangka kuat cat semakin panjang

6. Proses Cat dinding 

Setlah semua langkah telah dilakukan, barulah Anda bisa menjalankan proses pengecetan, langkah-langkah diatas tentunya perlu Anda kembangkan kembali. 

Hal ini bertujuan agar hasil pengecetan dapat dilakukan lebih maksimal dan dapat menghasilkan warna yang lebih terang dan indah.

Baca juga : Tingkatkan nilai natural dengan menggunakan lantai kayu! 

Ngomong-ngomong soal Plamir dinding, Sudah tahu keunggulan dari plamir dinding luar pada hunian? dengan itu Anda perlu mengenal beberapa keunggulannya secara singkat, berikut informasinya : 

Kelebihan dan Kekurangan Plamir Dinding

cat dinding terbaik



Kelebihan Plamir dinding Luar

Berikut beberapa kelebihan plamir dinding luar untuk hunian, simak uraiannya berikut : 

  • Plamir menutupi pori-pori tembok secara sempurna
  • Plamir menutupi warna asli tembok yang berbayang
  • Mempermudah proses pengeceatan agar tidak memakan banyak waktu
  • Warna yang dihasilan semakin terang dan bagus 
  • Agar lebih kuat terhadap kotoran dan air 
  • Meminimalisir biaya ulang pengecetan pertahunnya
Kekurangan Plamir dinding Luar

Berikut kekurangan dalam plamir untuk dinding luar, berikut informasinya : 

  • Mengeluarkan biaya di awal
  • Memerlukan waktu panjang untuk pengeringan
Jadi, sudah mengenal plamir tembok? akankah Anda menggunakan plamir tembok terlebih dahulu sebelum pengecatan? 

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, tentunya Anda dapat menggunakan material kayu untuk area dinding dengan menggunakan lambsering kayu.

Maketing Rajawali


BLANTERLANDINGv101
Produk kami

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang