MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Jenis-Jenis Kayu Terbaik dan Kegunaannya

Ulasan kali ini kita akan membahas tentang 6 jenis kayu terbaik di Indonesia se…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Jenis-Jenis Kayu Terbaik dan Kegunaannya

Jumat, 05 Februari 2021
Jenis-Jenis Kayu Terbaik dan Kegunaanya

Jenis-jenis Kayu Terbaik dan Kegunaannya - Perlu Anda ketahui bahwa terdapat banyak sekali jenis – jenis Kayu Di Indonesia. Disisi lain setiap kayu dalam negeri ini, mempunyai ciri tersendiri serta berbeda dan juga digunakan untuk berbagai macam produk yang berbeda pula. Nah setiap jenis kayu tersebut mempunyai sifat fisik tertentu yang dimana dapat menentukan kualitas serta kegunaan kayu itu sendiri.

Setiap kayu juga mempunyai sifatnya masing – masing, baik itu softwood (lunak) maupun hardwood (keras). Nah untuk yang lunak, Umumnya sering kali digunakan untuk membuat kerajinan maupun kertas yang dimana sifatnya ringan. Namun disisi lain untuk jenis kayu yang keras sering kali digunakan untuk bahan baku bangunan, umumnya seperti tiang, maupun dinding serta lain sebagainya.

Di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam kayu dengan spesifikasi yang bebeda – beda. Selain itu juga digunakan untuk berbagai hal seperti bahan bangunan contohnya jendela, pintu, lantai kayu, papan tangga, meja dan kursi. Selain itu juga bisa dijadikan sebagai bahan kertas dan masih banyak lagi. Disisi lain Jenis kayu terbaik juga dapat kita manfaatkan untuk souvenir serta hiasan di rumah.

Perlu Anda ketahui juga bahwa hutan di Indonesia sendiri luasnya 133.300.543,98 hektar. Nah dengan luas tersebut negara kita ini tidak heran disebut sebagai salah satu jenis kayu kelas 1 di dunia. Terutama kayu besi. Nah kayu tersebut masuk kedalam salah satu kayu nomor 1 yang dapat digunakan untuk bahan bangunan.

1 . Kayu Jati

Kayu Jati terbaik

Perlu Anda ketahui bahwa pohon jenis Jati ini asalnya dari Jawa tengah dan juga jawa timur. Nah daerah itu merupakan daerah penghasil kayu jenis jati terbesar di Indoensia. Utamanya di daerah Blora, Alas Roban Rembang, Pati dan Grobogan. Nah jenis kayu Indonesia yang satu ini terutama di daerah tersebut merupakan penghasil kayu jenis jati yang terbaik di negara kita. Diantaranya di tanah perkampungan Cepu, Kabupaten Blora jawa tengah.

Daerah tersebut adalah kecamatan yang ada di bagian paling timur di jawa tengah. Tepatnya di perbatasan provinsi jawa timur. Disisi lain jenis kayu tersebut umumnya banyak digunakan untuk konstruksi bangunan maupun rumah. Paling utama pada daerah Pati, Rembang dan Blora. Umumnya masyarakat menggunakan jenis kayu ini untuk membangun sebuah rumah dari mulai usuk, tiang, reng maupun dinding. Selain itu juga digunakan untuk atap walaupun tidak semuanya bahkan jarang.

Nah apabila menggunakan kayu jenis jati ini daya tahannya sangat kuat dan mudah sekali dibentuk. Selain itu juga umumnya digunakan untuk para pengrajin agar dapat membuat perabotan maupun mebel rumah tangga. Salah satu produk kayu jati yang sangat terkenal adalah Lantai Kayu Jati dan juga Papan Tangga Jati.

Diantaranya seperti meja, kursi dan lain sebagainya. Disisi lain orang – oang di pesisir pantai utara jawa umumnya menggunakan jenis kayu Indonesia ini untuk bahan baku untuk pembuatan perahu.alasannya karena rata – rata masyarakat daerah tersebut berprofesi sebagai nelayan.

Baca juga :  Harga Lantai Kayu Jati 2021

2 . Kayu Rotan

Kayu Rotan untuk mebel

Rotan adalah tumbuhan jenis  sejenis Palma yang umumnya hidup merambat ataupun memanjat. Selain itu pohon jenis ini pun sering kali tersebar di berbagai negara  dengan cuara tropis diantaranya seperti Australia, Afrika maupun Asia. Negara kita ini termasuk pemasuk terbesar soal rotan di Dunia karena kita memasuk kurang lebih 70% untuk kebutuhan secara global.

Selain itu jenis kayu terbaik ini paling banyak dihasilkan di Jawa, Sumatra, Nusa Tenggara, dan juga Borneo. Selain itu kegunaan dari jenis tersebut untuk membuat mebel. Diantaranya seperti rak buku, kursi dan meja tamu dan masih banyak lagi. Selain itu rotan ini termasuk kayu yang ringan serta elastis. Walaupun demikian sangat kuat dan juga mudah dibantuk.
Selain itu juga terdapat industri untuk kerajinan serta mebeli jenis rotan terbesar di Indonesaia nah hal tersebut terletak di Kota Cirebon , Jawa Barat.

3 . Kayu Rasamala

kayu rasamala untuk bahan bangunan dan campuran parfum

Jenis kayu Indonesia selanjutnya adari Pohon Rasamala. Perlu Anda ketahui bahwa jenis ini dapat tumbuh hingga kurang lebih 40 sampai 60 meter. Selain itu juga kayu jenis tersebut pun memiliki nilai yang ekonomis tertinggi karena daat menghasilkan damar. Selain itu baunya pun harum serta umumnya dapat digunakan sebagai campuran ruangan oleh beberapa perusahaan di Indonesia.

Selain itu jenis yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Selain kita bisa menggunakannya untuk bahan bangunan serta campuran parfum. Nah daunnya juga bisa kita hunakan untuk menjadi sayur, obat batuk serta lalapan. Umumnya daun tersebut digunakan pada daun muda ketika warnya masuh merah dan tidak terlalu alot.

Untuk pemanfaatan kayu tersebut juga dapat kita gunakan untuk bahan baku penyangga rel kereta api, bahan baku jembatan maupun hanan kontruksi bangunan serta lantai dan juga perahu. Disisi lain juga masih banyak lagi cara memanfatkan jenis kayu ini.

4 . Kayu Bambu

fungsi kayu bambu

Pohon yang satu ini merupakan pohon yang sangat mudah tumbuh dengan cepat. Deskripsi lainnya bambu ini merupakan tanaman jenis rumput dengan rongga serta ruas di dalam batangnya. Selain itu pohon ini juga mempunyai sistem di dalam pohonnya yaitu rhizoma-dependem. Nah dalam satu hari. Pohon tersebut bisa tumbuh dengan panjang 60 cm bisa saja lebih dari itu. hal tersebut tergantung dari kondisi tanah serta cuaca.

Selain itu jenis kayu terbaik ini sering kali dimanfatakan untuk berbaga macam perabotan rumah tangga, bahan pembuat alat musik, kerajinan dengan cara anyaman, membuat rakit dan masih banyak lagi cara memanfaatkannya. Disisi lain juga Bambu ini dapat digunakan sebagai makanan hewan yaitu Panda yang berasal dari China. Dedaunan, ranting dan juga tunas bertekstur empuk dan tidak heran menjadi makanan untuk Panda.

5 . Kayu Albasia Facataria

Fungsi Kayu Albasia

Pohon yang satu ini umumnya akan tumbuh diberbagai negara diantaranya Cina Selatan, Asia Tenggara bahkan Indonesia. Perlu Anda ketahui bahwa kayu jenis ini sering kali diminati bagi mereka pelaku bisnis dibidang kayu. Alasannya karena pertumbuhan dari pohon tersebut memang sangat cepat. Selain itu pemanfaatan dari pohon ini sangat banyak juga.

Selain itu jenis kayu tersebut umumnya digunakan untuk membuat kertas, kayu bakar, bahan pembuatan peti, papan kayu dan masih banyuak lagi, disisi lain daun dari pohon tersebut dapat juga dimanfaatkan untuk pakan makanan ternak.

6 . Kayu Meranti Merah

kayu ringan kayu meranti

Jenis kayu terbaik yang satu ini memang sangat diminati dan populer dikalangan pelaku bisnis. Selain itu jenis kayu tersebut sering kali digunakan untuk berbagai macam pembangunan. Disisi lain, kayu tersebut digolongkan pada jenis kayu kertas karena bobotnya ringan, sedang dan berat. Selain itu biasanya mempunyai masa berbuah serta berbunga selama kurang lebih 4 sampai 7 tahun sekali.

Banyak sekali cara untuk memanfaatkan kayu meranti merah yang memiliki tampilan mirip seperti kayu merbau ini diantaranya seperti menyuburkan tanaman, bahan furniture indoor maupun outdoor, bahan baku untuk membuat kertas, fungsi ekoloigi, bahan kosmetik seperti obat – obatan, sabum maupun makanan olahan. Selain itu juga dapat menjaga sumber air.

Bukan hanya itu saja, bahkan jenis kayu Indonesia ini pun sangat populer sekali karena biasa digunakan untuk badan gitar, lantai, pintu, kusen bahkan atap rumah sekalipun. 

Baca juga : 10 Produk Lantai parket Kayu Merbau dan kelebihan kekurangannya

Sekian informasi mengenai jenis – jenis kayu terbaik serta kegunaannya. Semoga dengan adanya hal ini bisa membuat Anda menjadi tahu apa saja jenis kayu yang terdapat di Indonesaia.  

BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang